PENERAPAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 3 BANGIL

NUR AIDHA ROCHMAH SHOFI, 12210183021 (2022) PENERAPAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 3 BANGIL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul Penerapan Media Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Bangil ini ditulis oleh Nur Aidha Rochmah Shofi, NIM 12210183021. Skripsi ini disusun sebagai tugas akhir menempuh pendidikan di Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dibimbing oleh Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci : Media daring, Penerapan Pembelajaran, Bahasa Indonesia. Penelitian pada masa pandemi Covid-19 menuntut banyak sektor untuk melakukan penyesuaian, tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Pada pendidikan, pembelajaran dialihkan kepada pembelajaran jarak jauh. Solusi yang ditawarkan pemerintah dalam mengahadapi situasi ini dengan cara mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Media daring ditunjang dengan berbagai fitur pembelajaran yang dibuat layaknya seperti pembelajaran tatap muka. Peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 3 Bangil dikarenakan sekolah tersebut merupakan sekolah yang memang pantas untuk diteliti, peneliti juga belum pernah memasuki sekolah ini sehingga ingin mengetahui bagaimana sistem pembelajaran yang diterapkan di sekolah ini. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Bangil, pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Bangil, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Bangil. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Bangil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengetahui sistem media daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Bangil. Dokumentasi digunakan untuk mengabadikan momen dan menunjukkan bukti bahwa adanya penelitian. Wawancara digunakan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi media daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media daring dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia memberikan hasil yang cukup signifikan dalam pembelajaran daring. Pendidik menggunakan media daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Hal ini diketahui dari media daring yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berupa media Google Meet, Google Classroom, Whatsapp dan Google Form. Dari keempat media daring yang digunakan tersebut, aplikasi Google Classroom cukup efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Berbeda dengan aplikasi Google Meet dan Google Form yang kurang efektif untuk diterapkan. Adapun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam penerapan media daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu perencanaan adalah pendidik akan membuat RPP, Promes, dan menyiapkan bahan ajar untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Pelaksanaan pembelajaran daring adalah ketika pembelajaran itu berlangsung, peserta didik mengikuti dengan efektif dan dapat menggunakan medianya dengan baik. Evaluasi pembelajaran daring adalah penilaian akhir setiap pembelajaran, ada beberapa peserta didik tidak mengikuti pembelajaran dengan efektif dan pengumpulan tugas tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Rochmah Shofi Nur Aidha
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:16
Last Modified: 29 Dec 2022 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31912

Actions (login required)

View Item View Item