PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTSN 4 BLITAR

INAYATUL HIDAYAH, 12201183023 (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTSN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Inayatul Hidayah NIM 12201183023 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh: Prof. Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci : Peran Guru, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemerosotan akhlak yang disebabkan oleh kurang tertanamnya jiwa keagamaan seseorang dan kurangnya terlaksana pendidikan agama di sekolah, keluarga dan masyarakat yang tepat. Pendidikan agama memiliki pengaruh yang besar terhadap karakter peserta didik, sehingga mengingat betapa pentingnya pendidikan agama. Peran guru Akidah Akhlak sangatlah penting dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Segala bentuk kegiatan diupayakan oleh guru Akidah Akhlak dalam rangka meningkatkan pengalaman religius peserta didik yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter. Fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTsN 4 Blitar. 2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTsN 4 Blitar. 3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTsN 4 Blitar. Tujuan penelitian, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTsN 4 Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTsN 4 Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MTsN 4 Blitar. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTsN 4 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian, yaitu: 1) Peran guru Akidah Akhlak sebagai seorang pendidik ketika di dalam kelas saat pembelajaran tatap muka dengan menyampaikan berbagai materi akidah akhlak mulai dari keimanan, akhlak itu diambil dari materi pelajaran. Ketika menyampaikan pembelajaran juga diberikan masukan-masukan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari selalu dimasukan dalam pembelajaran saat tatap muka dikelas. Sedangkan ketika diluar kelas yang dilakukan guru Akidah Akhlak dengan cara menegur. Ketika ada anak yang mungkin sikapnya kurang baik maka guru akan langsung menegur. Dengan cara menegur peserta didik, sehingga dapat merubah atau memperbaiki baik ucapan atau sikapnya. 2) Peran guru Akidah Akhlak sebagai motivator dengan memberikan motivasi dalam berbagai hal kepada peserta didik. Untuk selalu belajar baik ilmu agama maupun ilmu umum. Selalu mengutamakan belajar ilmu agama kemudian ilmu umum. Karena ilmu agama dan ilmu umum harus berkeseimbangan. Selain itu, dengan cara keteladanan misalnya bercerita tentang kenabian. 3) Peran guru Akidah Akhlak sebagai teladan dengan memberikan contoh ketika ada kegiatan keagamaan. Ketika ada kegiatan keagamaan bapak ibu guru semuanya termasuk guru Akidah Akhlak mengikuti kegiatan tersebut. Misalnya ketika pagi hari guru mendampingi peserta didik sholat dhuha berjamaaah, mengaji al-Qur’an di dalam kelas, memperingati isra’ mi’raj, dan memperingati hari santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183023 INAYATUL HIDAYAH
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:26
Last Modified: 29 Dec 2022 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31913

Actions (login required)

View Item View Item