HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN

HANIA ANGGRAINI, 12210183002 (2022) HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan ini ditulis oleh Hania Anggraini, NIM 12210183002, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dian Risdiawati, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Keterampilan Menulis, Teks Eksplanasi Siswa MA Al-Hikmah Langkapan memiliki tingkat keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksplanasi yang berbeda. Hal ini dilihat dari hasil observasi nilai ulangan harian terkait membaca dan menulis teks eksplanasi. Dalam keterampilan membaca pemahaman siswa mengalami kendala saat memahami dan mengingat secara rinci isi atau makna, ciri, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Sehingga mengakibatkan siswa mengalami kendala dalam keterampilan menulis teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI A MA Al-Hikmah Langkapan yang berjumlah 25 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian untuk keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks eksplanasi. Analisis data dilakukan melalui program statistika dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan. Hal tersebut dilihat dari hasil korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi yang diperoleh dengan nilai 0,499 pada teks eksplanasi 1 dan 0,633 pada teks eksplanasi 2. Adanya hasil nilai tersebut dibandingan nilai rtabel pada taraf signifikan 5 % dengan jumlah reponden N=25 diperoleh nilai rtabel sebesar 0,396, dan dapat disimpulkan bahwa nilai rhitung pada teks eksplanasi 1 sebesar 0,499 > 0,396 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan nilai rhitung pada teks eksplanasi 2 sebesar 0,633 > 0,396 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil analisis nilai korelasi tersebut diperoleh tingkat korelasi atau hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan termasuk dalam kategori tingkat cukup pada teks eksplanasi 1 dan tingkat kuat pada teks eksplanasi 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Hania Anggraini
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:58
Last Modified: 29 Dec 2022 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31921

Actions (login required)

View Item View Item