MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Kasus di MTsN Pucanglaban Dan MTsN Bandung Tulungagung)

ABDUL HARIS NASUTION, 2841134001 (2016) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Kasus di MTsN Pucanglaban Dan MTsN Bandung Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abdul Haris Nasution, NIM. 2841134001, Tahun 2015, Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Multi Kasus di MTsN Pucanglaban Dan MTsN Bandung Tulungagung), Studi Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I, Dr. H. Teguh, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Sarana Prasarana Sarana dan prasarana pendidikan sebagai salah satu dari unsur manajemen pendidikan memiliki peranan penting dalam proses belajar mengajar, sarana pendidikan merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Dengan adanya sarana dan prasarana pendidikan kegiatan belajar mengajar akan menjadi lebih bermakna dan berkualitas serta menyenangkan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Sarana Prasarana di MTs Negeri Pucanglaban dan MTs Negeri Bandung Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui perencanaan manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung, 2) Mengetahui pengadaan sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung, 3) Mengetahui pelaksanaan sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung, dan 4) Mengetahui pengawasan sarana prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung Tulungagung. Nara Sumber dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, Waka Sarana Prasrana, dan Guru, di MTsN Pucanglaban Dan MTsN Bandung Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data diawali dari (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil penelitian : 1) Perencanaan manajemen sarana prasarana di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung sudah melibatkan seluruh warga Madrasah dalam mengambil kebijakan pengadaan sarana prasarana, 2) Pengadaan sarana prasarana di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung benar-benar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan mendukung visi dan misi sekolah, 3) Pelaksanaan manajemen sarana prasarana di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung sangat mendukung kegiatan belajar mengajar sehingga mampu menambah rasa senang dan turut meningkatkan motivasi belajar siswa dan, 4) Pengawasan sarana prasarana di MTsN Pucanglaban dan MTsN Bandung sudah dilakukan dengan baik mulai dari perawatan, kemudian melakukan pemeliharaa sampai dengan perbaikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.PdI 2841134001 ABDUL HARIS NASUTION
Date Deposited: 19 Jan 2016 08:32
Last Modified: 19 Jan 2016 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3197

Actions (login required)

View Item View Item