ANALISIS KONSEP PADA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA YANG BERSUMBER YOUTUBE

DEWI FITRIYAH WULANDARI, 12212183015 (2022) ANALISIS KONSEP PADA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA/MA YANG BERSUMBER YOUTUBE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Konsep pada Video Pembelajaran Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA yang Bersumber Youtube” ini di tulis oleh Dewi Fitriyah Wulandari, NIM. 12212183015, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Kimia, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Mike Rahayu, S.Pd., M.Sc. Kata kunci : Analisis Konsep, Kesalahan Konsep, Video Pembelajaran, Laju Reaksi Salah satu topik ilmu kimia yang dianggap sulit oleh siswa yaitu laju reaksi yang merupakan cabang kimia dari kinetika kimia. Penggunaan media pembelajaran dapat menjadi salah satu perantara atau alternative yang diharapkan dapat memecahkan berbagai permasalahan termasuk materi laju reaksi. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan yaitu media Youtube. Hal yang terpenting ialah pemilihan video pembelajaran di Youtube yang harus sesuai dengan isi materi yang akan dipelajari. Agar tujuan pembelajaran terpenuhi maka sebaiknya dilakukan analisis, apakah terdapat kesalahan konsep atau tidak dalam media tersebut. Dengan dilakukannya analisis kesalahan konsep yang terjadi didalam video pembelajaran di Youtube, maka pendidik dapat mencari video pembelajaran di Youtube yang dapat dijadikan media pembelajaran atau tambahan referensi belajar yang benar dan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan profil video pembelajaran laju reaksi kelas XI SMA/MA di Youtube, 2) Untuk mendeskripsikan kelengkapan materi yang terdapat dalam video pembelajaran laju reaksi kelas XI SMA/MA di Youtube. 3) Untuk mendeskripsikan kesalahan konsep yang terdapat dalam video pembelajaran laju reaksi kelas XI SMA/MA di Youtube Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi Dokumentasi/ Teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, selanjutnya penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Materi yang terdapat dalam video pembelajaran laju reaksi kelas XI SMA/MA di Youtube antara lain konsep laju reaksi, menentukan persamaan laju reaksi dan orde reaksi, faktor yang mempengaruhi laju reaksi, dan teori laju reaksi (teori tumbukan dan energi aktivasi). (2) Kelengkapan materi yang terdapat dalam video pembelajaran laju reaksi kelas XI SMA/MA di Youtube yang cukup lengkap adalah pada chanel “Win’s Chemsitry Class” karena hanya satu materi yang tidak tercantum yaitu Penentuan laju reaksi. (3) Kesalahan konsep yang terdapat dalam video pembelajaran laju reaksi kelas XI SMA/MA di Youtube adalah kesalahan pengertian katalis laju reaksi, penjelasan yang kurang lengkap pada teori kompleks teraktifasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183015 DEWI FITRIYAH WULANDARI
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:37
Last Modified: 03 Jan 2023 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32007

Actions (login required)

View Item View Item