FARIKHATUZ ZUHDATAINI, 12204183178 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA MATERI BANGUN DATAR (SEGITIGA DAN SEGIEMPAT) DI KELAS VIII MTs PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (479kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini dengan judul “Analisis Kemampuan Literasi Matemat ika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Pada Materi Bangun Datar (Segitiga dan Segiempat) di Kelas VIII MTs PSM Jeli” ini dit ulis oleh Farikhatuz Zuhdataini, NIM. 12204183178, pembimbing Miswanto, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah hasil studi yang menunjukkan bahwa kemampuan matematis siswa Indonesia pada umumnya belum berkembang secara optimal. Dan pada hasil studi PISA pada tahun 2021 menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia berada pada peringkat 62 dari 70 negara partisipan. Hal ini menjadi bahan refleksi bagi proses pembelajaran matematika di Indonesia untuk melihat sejauh mana pendekatan pembelajaran yang telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah bagaimana kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada materi bangun datar (segitiga dan segiempat) di kelas VIII MTs PSM Jeli?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada materi bangun datar (segitiga dan segiempat) di kelas VIII MTs PSM Jeli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa dari kelas VIII MTs PSM Jeli. Dalam penelitian ini digunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan kepada siswa memuat soal-soal PISA yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTs PSM Jeli dalam menyelesaikan soal PISA. Wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai jawaban siswa setelah mengerjakan soal tes tersebut. Sedangkan dokumentasi dilakukan mempermudah peneliti dalam memperoleh data yang dapat mendukung penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada materi bangun datar (segitiga dan segiempat) di kelas VIII MTs PSM Jeli tergolong baik sekali pada level 1 sampai level 3. Karena rata-rata siswa mampu menjawab soal literasi matematika yang memiliki tingkat kesulitan level 1 sampai level 3 tanpa mengalami terlalu banyak kendala dalam proses pengerjaannya dengan memperoleh masing-masing skornya 93,75%, 91,66%, dan 88,5% tiap levelnya. Sedangkan untuk soal-soal literasi matematika tingkat kesulitan level 4 tergolong cukup dengan skor 58,33%, level 5 dan level 6 tergolong kurang sekali dengan masing-masing skornya 23,12% dan 9,37% karena siswa masih mengalami berbagai kendala dalam proses menyelesaikan soal tersebut. Kata kunci : Literasi, Matematika, Siswa, Penyelesaian Masalah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 12204183178 Farikhatuz Zuhdataini |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 06:34 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32030 |
Actions (login required)
View Item |