PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MODELLING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PERCAYA DIRI REMAJA KELAS VII SMP PGRI 2 PANGGUL TRENGGALEK

LISNA TRI AGUSTIANI, 17306163024 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MODELLING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PERCAYA DIRI REMAJA KELAS VII SMP PGRI 2 PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan teknik modelling dalam dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan percaya diri siswa kelas VII di SMP PGRI 2 Panggul Trenggalek” ini ditulis oleh Lisna Tri Agustiani, NIM. 17306163024. Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Uswah Wardiana, M.Si Kata Kunci : Teknik Modelling, Bimbingan Kelompok, Percaya diri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakjelasan yang terjadi pada remaja yang dapat memunculkan perilaku – perilaku baru. Perubahan yang terjadi dari fisik yang mulai terlihat maupun kondisi psikologis yang dialami membutuhkan sikap percaya diri yang didukung dengan sosialisasi yang baik. Peserta didik yang memiliki rasa percaya diri akan memiliki kesadaran akan kemampuan yang ada dalam dirinya. Seperti munculnya rasa percaya diri peserta didik dalam berbicara ataupun menyampaikan pendapat dalam proses belajar maupun didepan umum.Sehingga Rasa percaya diri perlu dimiliki seluruh peserta didik yang sedang mengalami fase remaja agar tidak kesulitan mencapai prestasi belajar yang optimal. Rumusan Masalah pada penelitian ini yaitu Adakah pengaruh layanan bimbingan konseling teknik modelling dalam Bimbingan Kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VII SMP PGRI 2 Panggul Trenggalek? Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VII SMP PGRI 2 Panggul Trenggalek, yang terdisi dari 34 siswa. Sampel pada penelitian ini diperoleh setelah pretes sejumlah 12 siswa yang mendapat skor terendah yang digunakan sebagai sampel. Variabel bebas : Teknik Modelling dalam bimbingan kelompok (X). Variabel terikat : Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa. Teknik pengumpulan data : angket. Teknik analisis data : uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji T Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu Adanya pengaruh layanan bimbingan konseling teknik modelling dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VII SMP SMP PGRI 2 Panggul Trenggalek. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji statistic yang diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 (dengan taraf 5%). Maka, hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternative (H1) diterima. Selain itu, pada hasil uji determinasi menunukan tingkat pengaruh layanan bimbingan konseling teknik modelling dalam bimbingan kelompok sebesar 75,7%. Hal ini berarti mrnunjukkan layanan bimbingan konseling teknik modelling dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VII SMP SMP PGRI 2 Panggul Trenggalek memiliki pengaruh yang sangat kuat

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: PENGARUH P 17306163024 LISNA TRI AGUSTIANI
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:36
Last Modified: 04 Jan 2023 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32053

Actions (login required)

View Item View Item