Strategi Guru Aqidah Akhlaq dalam Membentuk Kepribadian Siswa (Studi Multi Situs di MTsN Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung)

muhammad rizal rifa'i, 2846134032 (2015) Strategi Guru Aqidah Akhlaq dalam Membentuk Kepribadian Siswa (Studi Multi Situs di MTsN Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (354kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rifa’i, Muhammad. Rizal, 2015. Strategi Guru Aqidah Akhlaq dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa (Studi Multi Situs di MTsN Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung), Program Pasca Sarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. H. Teguh, M. Ag., (2)Akhmad Rizqon Khamami, Lc., MA Kata – Kata Kunci : Strategi Guru Aqidah Akhlaq, Kepribadian Siswa. Konteks penelitian dalam tesis ini adalah pendidikan akhlak tidak hanya dilakukan melalui pengajaran akhlak saja, hal ini sudah dilakukan oleh guru agama. Pada saat ini banyak keluhan yang disampaikan orang tua, para guru dan orang yang bergerak dibidang sosial mengeluhkan tentang perilaku sebagian remaja yang amat mengkhawatirkan. Diantara mereka sudah banyak terlibat dalam tawuran, penggunaan obat-obat terlarang, minuman keras, percintaan , pelanggaran seksual dan perbuatan kriminal. Kedua orang tua dirumah, guru disekolah dan masyarakat pada umumnya, tampak seperti sudah kehabisan akal untuk mengatasi krisis akhlak. Hal yang demikian jika terus dibiarkan dan tidak segera diatasi, maka bagaimana nasib masa depan bangsa dan negara ini. Hal yang demikian kita kemukakan karena para remaja dimasa sekarang adalah pemimpin umat di hari esok. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Bagaiman strategi pembelajaran ekspositori guru aqidah akhlaq dalam membentuk kepribadian siswa di MTsN Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung? (2) Bagaiman strategi pembelajaran inquiry guru aqidah akhlaq dalam membentuk kepribadian siswa di MTsN Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung? (3) Bagaiman strategi pembelajaran pembelajaran berbasis masalah guru aqidah akhlaq dalam membentuk kepribadian siswa di MTsN Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung? (4) Bagaiman strategi pembelajaran pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir guru aqidah akhlaq dalam membentuk kepribadian siswa di MTsN Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung? Penelitian ini jika dilihat dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field reseacr) bila dilihat dari jenis datanya menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan berdasarkan sudut kemampuan penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Sebagai instrumen peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data dilakukan dengan dua tahap, yaitu : analisis data kasus individu (individual case), dan analisis data lintas situs (cross case analysis). Temuan hasil penelitian, strategi pembelajaran ekspositori di MTsN Tulungagung lebih menekankan pada proses pembelajaran. Dengan menyiapkan segala kesiapan Materi, pemahaman karakter siswa dan pengkondisian kelas menjadi alternatif untuk mencapai keberhasilan penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa. Sedangkan di MTsN Bandung Tulungagung Strategi pembelajaran ekspositori guru aqidah akhlaq dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa ini lebih menekankan bagaimana memberikan contoh yang baik atau tauladan kepada siswa. Metode ini merupakan metode yang paling unggul dan paling jitu dibandingkan metode-metode lainya. Melalui metode ini para orang tua dan pendidik memberi contoh atau teladan terhadap peserta didiknya bagaimana cara berbicara, berbuat, bersikap, mengerjakan sesuatu atau cara beribadah, dan sebagainya. Strategi pembelajaran inquiry di MTsN Tulungagung adalah dengan melihat sebab akibat atau relasi-relasi diantara berbagai data, sehingga pada akhirnya dapat menemukan kunci pembuka masalahnya. Kegiatan semacam ini merupakan ciri yang khas dari pada suatu kegiatan inteligensi. metode mengajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan yang sebelumnya belum mereka ketahui.Di MTsN Bandung Tulungagung strategi pembelajran inquiry dalam implementasinya guru memberikan penjelasan dan maksud pembelajaran diakhir pembelajaran. Saat proses pembelajaran berlangsung memberikkan kebebasan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan begitu meningkatkan minat pembelajaran dan hasilnya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran berbasis masalah guru aqidah akhlaq Dalam penerapannya di masing-masing sekolah tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Baik di Di MTs Negeri Tulungagung dan MTs Negeri Bandung Tulungagung, keduanya pada proses pembelajaran membentuk kelompok untuk menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan akhlaq tercela dan akhlaq terpuji, setelah itu mempresentasikan kepada teman-teman mereka dan di akhir di pembelajaran guru memberikan penjelasan atau penguat jawaban dari siswa-siswi tersebut. Dan demikian siswa menjadi tidak ragu dari hasil pembelajaran yang telah mereka peroleh tadi. Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir guru aqidah akhlaq Di MTs Negeri Tulungagung pembelajaran yang bersifat demokrasi, oleh sebab itu sebagai guru saya harus mampu menciptakan suasana yang terbuka dan saling menghargai, sehingga setiap siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam menyampaikan pengalaman dan gagasan. Sedangkan yang dilakukan di MTs Negeri Bandung Tulungagung pelaksanaan pembelajaran yang bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir, artinya tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran adalah bukan sekedar siswa dapat menguasai sejumlah materi pelajaran, akan tetapi bagaimana siswa dapat mengembangkan gagasan-gagasan dan ide-ide melalui kemampuan berbahasa secara verbal, selanjutnya telaahan fakta-fakta sosial atau pengalaman sosial merupakan dasar pengembangan kemampuan berpikir.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: m.pd. i 2846134032 m. rizal rifa'i
Date Deposited: 01 Feb 2016 06:05
Last Modified: 01 Feb 2016 06:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3206

Actions (login required)

View Item View Item