RIZQI ROCHMATUL JANNAH, 12210183026 (2023) PENGARUH MODEL ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTs DARUL FALAH TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul Pengaruh Model Round Table terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII MTs Darul Falah Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022 ini ditulis oleh Rizqi Rochmatul Jannah, NIM 12210183026, pembimbing Dian Risdiawati, M.Pd. Kata kunci: model round table, keterampilan menulis, teks eksplanasi Model round table merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk berpikir kreatif dalam mengungkapkan gagasan atau ide-ide ke dalam bentuk tulisan. Penelitian ini menerapkan model round table untuk menyelesaikan permasalahan siswa, karena siswa dituntut untuk menuangkan pendapat atau pemikiran secara bergiliran. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh model round table terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Darul Falah Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian nonequevalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Falah Tulungagung dengan sampel penelitian kelas VIII B dan VIII C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan instrumen tes uraian dalam bentuk pre-test dan post-test menulis teks eksplanasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis yaitu uji f dan uji independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model round table terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Darul Falah Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai uji T dalam independent sample t-test yaitu nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian, jika nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, berdasarkan nilai rata-rata hasil post-test kelas kontrol diperoleh rata-rata 74, sedangkan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen diperoleh rata-rata 83. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan model round table dan kelas yang tidak menggunakan model round table terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rochmatulj rizqi |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 03:37 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 05:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32074 |
Actions (login required)
View Item |