PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

GALIH FIRMAN NUGROHO, 17205163211 (2023) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)

Abstract

ABSTRAK Galih Firman Nugroho. NIM: 17205163211. Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Penerapan Metode Picture And Picture dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darusssalam Wonodadi Blitar. Pembimbing: H. Muh. Nurul Huda, M.A. Konteks Penelitian: Pendidikan merupakan suatu hal yang urgen bagi siapapun, termasuk bagi anak. Pada saat sekarang ini banyak sekali pendidikan yang diberikan pada anak pra sekolah, sebagai upaya untuk memberikan bekal dasar bagikepentingan kehidupan anak di masa yang akan datang. Dalam pendidikan selalu terjadi proses pembelajaran. Proses pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat siswa belajar, sehingga situasi tersebut merupakan peristiwa belajar (event of learning) yaitu usaha untuk terjadinya perubahan dari siswa. Permasalahan di lapangan, apabila peserta didik mengalami kejenuhan dan kurang minat membaca di dalam kegiatan belajar mengajar maka dapat mempengaruhi pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan. Minat membaca yang masih di bawah rata-rata dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Terlebih untuk anak-anak yang masih berada di kelas bawah, antara kelas satu sampai dengan kelas tiga sekolah dasar, mereka memerlukan metode pembelajaran yang benar-benar mampu menggugah semangat dan minat mereka, karena minat belajar pada setiap peserta didik bersifat naik turun. Fokus Penelitian: 1). Bagaimana langkah-langkah penerapan metode pembelajaran picture and picture dalam menumbuhkan minat belajar di MI Darussalam Wonodadi Blitar?, 2). Bagaimana respon peserta didik dengan metode pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darussalam Wonodadi Blitar ?, 3). Bagaimana perubahan minat belajar siswa dengan penerapan metode picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darussalam Wonodadi Blitar ?. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui: 1). Langkah-langkah penerapan metode pembelajaran picture and picture dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darussalam Wonodadi. 2). Respon peserta didik dengan metode pembelajaran penerapan picture and picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darussalam Wonodadi. 3). Perubahan minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan metode picture and picture di MI Darussalam Wonodadi. Dalam Penelitian ini Menggunakan Metode Penelitian: 1). Rancangan Penelitian: desain kualitatif. 2). Lokasi Penelitian: MI Darussalam Wondadi Blitar. 3). Sumber Data: Sumber data utamanya adalah informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, dan pesrta didik. Sumber data sekundernya adalah dokumentasi. 4). Teknik Pengumpulan Data 5). Analisa Data: dengan analisa induktif dengan pendekatan kualitatif. 6). Pengecekan Keabsahan Temuan Dari hasil penelitian ini, adalah (1) Langkah-Langkah Penerapan Metode Picture and Picture dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darussalam Wonodadi Blitar. (a) guru memberikan buku yang menarik seperti banyak gambar, membuat slogan, sharing tentang buku dan bacaan. (b) guru menggunakan madia dan metode ceramah, mengajak anak untuk mengamati gambar yang berada di lingkungan sekolah. (2) Respon Peserta Didik dengan Metode Picture and Picture dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar, adalah sangat baik peserta didik suka dengan metode ini karena banyak gambar-gambar, menyenangkan, bisa bercerita dan sangat baik peserta didik suka dengan metode ini karena banyak gambar-gambar, menyenangkan, bisa bercerita dan membuat cerita serta bermain. (3) Perubahan Minat Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Picture and Picture pada Pelajaran Bahasa Indonesia, ditunjukkan melalui semangat peserta didik dalam kegiatan belajar dengan berbagai kegiatan lainnya, serta yang lebih penting adalah ditunjukkan oleh obsesinya untuk dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Kata kunci: Metode picture and picture, menumbuhkan minat belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 17205163211 GALIH FIRMAN NUGROHO
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:25
Last Modified: 10 Jan 2023 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32084

Actions (login required)

View Item View Item