ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA DI MAN 1 PASURUAN

ALLYSA LAILUL MUKAROMAH, 12204183057 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PISA DI MAN 1 PASURUAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika PISA di MAN 1 Pasuruan” ini ditulis oleh Allysa Lailul Mukaromah, NIM.12204183057, Pembimbing Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Matematika PISA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika PISA masih kurang maksimal. Salah satu faktor penyebabnya antara lain karena siswa di Indonesia kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal kontekstual. Pada era revolusi 4.0 diperlukan keterampilan 4C yaitu Critical, Creative, Communication dan Collaboration. Berpikir kritis saat ini menjadi salah satu kecakapan hidup (life skill) yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk memahami dan memecahkan masalah atau soal matematika yang membutuhkan penalaran, analisis, evaluasi dan interpretasi pikiran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematis tinggi dalam menyelesaikan soal matematika PISA di MAN 1 Pasuruan, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematis sedang dalam menyelesaikan soal matematika PISA di MAN 1 Pasuruan, 3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal matematika PISA di MAN 1 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI-MIA4 MAN 1 Pasuruan yang berjumlah 6 siswa terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan matematis tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematis sedang dan 2 siswa dengan kemampuan matematis rendah berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematis tinggi mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis yaitu fokus (focus), alasan (reason), simpulan (inference), situasi (situation), kejelasan (clarity) dan tinjau ulang (overview). 2) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematis sedang mampu memenuhi sebagian indikator berpikir kritis yaitu fokus (focus), simpulan (inference), situasi (situation) dan tinjau ulang (overview). 3) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampuan matematis rendah mampu memenuhi sebagian indikator berpikir kritis yaitu fokus (focus) dan situasi (situation).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183057 Allysa Lailul Mukaromah
Date Deposited: 10 Jan 2023 05:38
Last Modified: 10 Jan 2023 05:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32125

Actions (login required)

View Item View Item