KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 3 DONGKO TRENGGALEK

ROIFATU ZAHROK, 17208163111 (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 3 DONGKO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 3 Dongko Trenggalek” ini ditulis oleh Roifatu Zahrok, NIM. 17208163111, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd Kata Kunci : Kreativitas Guru, Kualitas Pembelajaran. Kondisi sekolah yang berada di pinggiran, dimungkinkan mengalami kurangnya sarana prasarana dan alat-alat laboratorium, sehingga peserta didik lebih rentan mengalami kejenuhan dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan kreativitas guru dalam mengembangkan strategi, metode dan media pembelajaran. Dengan mengembangkan strategi, metode dan media pembelajaran yang bervariasi, maka peserta didik akan lebih tertarik dan antusias dalam belajar. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Berikut yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendiskripsikan kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Dongko Trenggalek? (2) Untuk mendiskripsikan kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Dongko Trenggalek? (3) Untuk mendiskripsikan kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Dongko Trenggalek? Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian data deskriptif, lokasi penelitian berada di SMPN 3 Dongko. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga menggunakan keabsahan data antara lain perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atu keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran adalah dengan memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, teknik pembelajaran, metode dan media serta kondisi karakteristik peserta didik sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. (2) Kreativitas guru dalam pengembangan metode pembelajaran adalah mengembangkan metode pembelajaran tidak hanya satu metode saja akan tetapi ada beberapa metode dalam satu pertemuan, diterapakan sesuai dengan materi yang disampaikan dan kondisi serta karakteristik peserta didik. (3) Penggunaan media pembelajaran yang dilakukan guru IPA yaitu dengan menggunakan media papan tulis dan buku yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi serta kondisi atau karakteristik peserta didik. Hal tersebut karena keterbatasannya sarana prasarana yang ada di sekolah sehingga guru harus mampu menggunakan media tersebut dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163111 ROIFATU ZAHROK
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:55
Last Modified: 12 Jan 2023 08:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32158

Actions (login required)

View Item View Item