IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAQ AL KARIMAH DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Multi Situs di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Kademangan)

YUYUN WAHYUDIN, 2506194085 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAQ AL KARIMAH DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Multi Situs di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Kademangan). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran PAI Dalam Membentuk Akhlaq al Karimah di Era Covid-19 (Studi Multisitus di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Kademangan)” ini ditulis oleh Yuyun Wahyudin dengan Pembimbing I. Prof. Dr. Hj. Elfi Muawanah, S.Ag, M.Pd Dan Pembimbing II. Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran PAI, Akhlaq al Karimah Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di tengah kebijakan social distancing and physical distancing dikarenakan adanya pandemi covid-19. pandemi ini memporakporandakan hampir keseluruh sendi kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Berjalannya dunia pendidikan sekarang ini tidak lagi sama dengan dengan masa-masa sebelumnya. Banyak hal yang berubah, mulai dari tempat belajar yang harus dirumah saja, cara belajar yang tadinya bisa tatap muka sekarang lebih banyak dalam jaringan internet. Metode belajar yang mungkin awalnya tidak terpikirkan menggunakan metode yang dapat diakses dengan jaringan sekarang ini banyak dimodifikasi agar materi bisa tersampaikan melalui metode yang dapat dengan mudah diakses siswa dirumah . Dalam hal ini Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dituntut untuk tetap berjalan melangsungkan pendidikan dengan tujuan membentuk akhlaq al karimah. Hal tersebut memaksa setiap sekolah, guru, siswa maupun orang tua untuk menyesuaikan diri pada kondisi yang baru. Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran PAI Dalam Membentuk Akhlaq al Karimah di Era Pandemi Covid19. (2) Bagaimana Pelaksanan Pembelajaran PAI Dalam Membentuk Akhlaq al Karimah Era Pandemi Covid-19. (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran PAI Dalam Membentuk Akhlaq al Karimah di Era Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, jenis field research dengan rancangan sudi multi situs. Lokasi penelitian di SMPN 1 Sutojayan dan SMPN 2 Kademangan. Sumber data penelitian diambil dari tiga unsur yaitu People, Places dan paper. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Dalam mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran PAI dalam membentuk akhlaq al karimah di era pandemi covid-19 berupa penyusunan silabus, RPP berbasis karakter , prota (program tahunan), promes(program semester), (2) Pelaksaan pembelajaran PAI dalam membentuk Akhlaq al Karimah di era pandemi covid-19 terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi(3) Evaluasi pembelajaran PAI dalam Membentuk Akhlaq al karimah di era pandemi covid-19 yaitu dengan penilaian proyektif dan penilaian obyektif.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: s2 12506194085 Yuyun Wahyudin
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:02
Last Modified: 10 Feb 2023 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32206

Actions (login required)

View Item View Item