MELLYATI TATA NURIARTI, 12204183055 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUTOGRAPH DI KELAS VIII MTSN 2 TULUNGGAUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Persamaan Garis Lurus pada Pembelajaran dengan Media Autograph di Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Mellyati Tata Nuriarti, NIM. 12204183055, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Persamaan Garis Lurus, Autograph Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, monoton dan tidak menarik serta kecendurungan meminimalkan keterlibatan peserta didik yang mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan belajar, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematikanya rendah. Peningkatan kualitas pendidikan matematika terutama terhadap kemampuan pemecahan masalah tidak terlepas dari poses pembelajaran yang melibatkan interaksi antara pendidik dan peserta didik. Pendidik yang berfungsi sebagai motivator dan mediator sudah seharusnya dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai untuk menunjang keaktifan belajar peserta didik. Di era modern ini komputer sangat mendukung baik pada kemampuan memahami matematika dalam belajar peserta didik, khususnya soal matematika yang tidak biasa. Autograph merupakan salah satu alat bantu yang efektif dan efisien dalam pemanfaatan komputer guna menunjang kualitas pembelajaran.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika materi persamaan garis lurus pada pembelajaran dengan media Autograph di kelas VIII MTsN 2 Tulungagung dan mendeskripsikan bentuk kesalahan yang dilakukan siswa pada saat melakukan pemecahan masalah matematis materi Persamaan Garis Lurus pada pembelajaran dengan media Autograph di kelas VIII MTsN 2 Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian tersiri dari 6 siswa kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara ketekunan/keajegan peneliti, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematika materi persamaan garis lurus pada pembelajaran dengan media Autograph dalam menyelesaikan soal tergantung pada kategori siswa. Siswa dengan kategori tinggi mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dengan mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan perhitungan, dan memeriksa kembali. Sedangkan siswa dengan kategori sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal hanya mampu memenuhi beberapa indikator. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (2) bentuk kesalahan siswa selama melakukan pemecahan masalah tergantung pada kategori siswa. Siswa dengan kategori tingkat tinggi mempunyai kesalahan menyelesaikan soal lebih sedikit dibanding siswa dengan kategori sedang dan rendah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183055 Mellyati Tata Nuriarti |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:46 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32210 |
Actions (login required)
View Item |