STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BLITAR

IFA LUTFIANA, 12201183071 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan Judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Peserta Didik di Mts Negeri 3 Blitar” di tulis oleh Ifa Lutfiana, NIM : 12201183071 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Ibu Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Hafalan Al-Qur’an Berawal dari kegundahan dan kecemasan seluruh masyarakat terkait pemkembangan keagamaan anak anak yang kurang, di tambah lagi semua sudah serba modern , anak anakzaman sekarang sangat gemar bermain handphone sehingga para masyarakat resah bila tidak ada suatu program yang bisa menambah wawasan anak anak tentang keagamaan, salah satunya dengan mempelajari dan menghafal kan Al Qur’an dengan bimbingan guru tahfidz yang memadai agar dapat mengenalkan lebih jauh lagi tentang bagaimana cara mempelajari memahami, membaca dan menghafalkan Al Qur’an dengan baik dan benar. Maka dari itu untuk menjawab keresahan masyarakat di Mts Negeri 3 Blitar mengadakan program menghafal Al Qur’an dengan fasilitas yang memadahi serta guru tahfidz yang berpengalaman sehingga dapat membimbing peserta didik dalam membaca dan menghafal dengan baik. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah :1.Bagaimana metode pelaksanaan strategi guru dalam mengingkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik di Mts Negeri 3 Blitar 2. Hambatan dan solusi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik di Mts Negeri 3 Blitar 3. Dampak strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik di Mts Negeri 3 Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an di Mts Negeri 3 Blitar, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data berasal dari wawancara, dokumentasi, dan observasi di lapangan, dan untuk menganalisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Metode pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik Mts Negeri 3 Blitar meliputi guru menentukan strategi yang tepat utuk menghafal Al Qur’an yaitu dengan strategi bimbingan dan menggunakan metode menghafal yang seragam dan tidak berbeda beda, membentuk tim guru yang di pimpin oleh waka kurikulum serta beranggotakan sebagian guru tahfidz dan semua wali kelas tahfidz. Dan yang terakhir adalah mengatur waktu menghafal Al Qur’an, dan waktu yang di tetapkan adalah di pagi harisebelum memulai pembelajaran umum, hal ini dilakukan agar anak anak lebih fresh dalam memulai menghafal Al Qur’an metode takrir dan setoran di depan kelas di damping oleh guru tahfidz masing masing. Dan menberikan evaluasi terkait hafalan peserta didik 2). Hambatan dan solusi strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an antara lain: a) hambatan nya adalah guru yang kurang memahami metode yang telah di tetapkan, sehingga masih kurang wawasan tentang metode tersebut, b) solusi nya adalah membentuk tim tahfidz untuk mendukung program agar berjalan lebih baik lagi c) anak yang ingin masuk kelas tahfidz tetapi kemampuan nya masih kurang sekolah menyiapkan kelas khusus yaitu kelas dasar bertujuan untuk membantu siswa dalam memulai membaca Al Qur’an dengan baik dan benar 3). Dampak strategi yang di lakukan guru dalam meningkatkan hafalan peserta didik di Mts Negeri 3 Blitar anatara lain: di mulai dari bacaan anak yang semakin bagus dan tartil, dan tentang hafalan anak menjadi tambah banyak serta tajwid semakin bagus dan maksimal dan dari segi kepribadian anak menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, perangai nya menjadi tambah religius dan bertambah sopan santunnya kepada orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > IQ
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183071 IFA LUTFIANA
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:24
Last Modified: 18 Jan 2023 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32222

Actions (login required)

View Item View Item