ATIQOH LUTFIA SARI, 12402183344 (2023) PERANAN DIGITAL MARKETING DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO KECIL DITINJAU DARI PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH (Studi Kasus pada Kedai Fefood di Kecamatan Baron, Nganjuk). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (780kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
Abstract
Skripsi berjudul “Peranan Digital Marketing dalam Mengembangkan Usaha Mikro, Kecil Ditinjau dari Perspektif Pemasaran Syariah (Studi Kasus pada Kedai Fefood di Kecamatan Baron, Nganjuk)” ditulis oleh Atiqoh Lutfia Sari, NIM. 12402183344, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Suminto, M.Pd.I. Pesatnya perkembangan teknologi berimbas pada model pemasaran yang muncul sebagai inovasi terbaru dalam dunia ekonomi. Digital marketing merupakan jenis pemasaran terbaru yang membawa berbagai keuntungan bagi penggunanya. Digital marketing memiliki peranan besar dalam mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Penggunaan digital marketing juga harus harus memenuhi prinsip pemasaran syariah. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi digital marketing dalam mengembangkan usaha mikro kecil Kedai Fefood di Kecamatan Baron, Nganjuk? 2) Bagaimana dampak digital marketing dalam mengembangkan usaha mikro kecil Kedai Fefood di Kecamatan Baron, Nganjuk? 3) Bagaimana implementasi dan dampak digital marketing dalam mengembangkan usaha mikro kecil Kedai Fefood ditinjau dari perspektif pemasaran syariah? Jenis penelitian yang digunakan dalam pendekatan kualitatif ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi. Penyajian dan analisis data pada penelitian kualitatif dilakukan secara deskriptif berupa kata-kata atau penjelasan tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi digital marketing guna mengembangkan UKM Kedai Fefood berupa social media marketing (SMM) yang menggunakan aplikasi facebook, whatsapp bisnis, instagram, tiktok dan konten marketing yang dapat memberikan berbagai manfaat. 2) Dampak digital marketing dalam mengembangkan usaha Fefood yaitu secara bertahap dapat meningkatkan penjualan produk dan pendapatan usaha hampir 200% serta dapat membangun hubungan baik dengan konsumen. 3) Implementasi dan dampak digital marketing Fefood telah memenuhi prinsip-prinsip pemasaran syariah dan sesuai dengan etika dalam Islam yaitu jujur, dapat dipercaya, cerdas dan komunikatif. Kata Kunci: Digital Marketing, UMKM, Etika, Pemasaran Syariah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Atiqoh Lutfia Sari |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 05:02 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 05:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32235 |
Actions (login required)
View Item |