MUHAMMAD WILDAN KHOIUL UMAM, 3211113116 (2016) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MENINGKATKAN AKHLAQ SISWA DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Bagian Awal.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Upaya Guru Aqidah Akhlaq dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Wildan Khoirul Umam, NIM. 3211113116, pembimbing Drs. Nurul Hidayat M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kurangnya perhatian terhadap pendidikan akhlaq dapat mempengaruhi tingkah laku siswa. Dalam hal ini peneliti membahas upaya Guru Aqidah Akhlaq dalam meningkatakan akhlaq siswa di MAN 3 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode guru aqidah akhlaq dalam meningkatkan akhlaq siswa di MAN 3 Tulungagung? (2) Apa saja upaya Guru Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan akhlaq siswa di MAN 3 Tulungagung? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Guru Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan akhlaq siswa di MAN 3 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui metode Guru Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan akhlaq siswa di MAN 3 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui upaya Guru Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan akhlaq siswa di MAN 3 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Guru Aqidah Akhlaq dalam meningkatkan akhlaq siswa di MAN 3 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan akhlaq siswa, bagi para guru Madrasah Aliyah Negeri 3Tulungagung sebagai dasar untuk melakukan pembinaan dalam meningkatkan akhlaq siswa. Bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung berguna sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki akhlaq siswa agar lebih baik dan lebih meningkat. Bagi para pembaca/peneliti lain berguna sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan penelitian bersifat deskriptif melalui wawancara secara langsung dan dokumentasi. Penelitian deskriptif dengan melakukan wawancara secara langsung dengan Guru Aqidah Akhlaq dan siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung.yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen Madrasah. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, (1) metode yang dilakukan guru aqidah akhlaq adalah dengan menggunakan metode ceramah di dalam kelas dan melakukan presentasi setelah selesai menyampaikan materi pembelajaran, (2) Upaya yang dilakukan guru aqidah akhlaq adalah dengan melatih siswa agar tidak mengulangi perbuatan yang kurang baik dengan cara selalu memperingatkan kepada siswa sehingga siswa menjadi sadar, (3) Faktor pendukung dari upaya guru aqidah akhlaq adalah adanya peraturan dari sekolah yang sesuai dengan pendidikan akhlaq siswa sedangkan faktor penghambat siswa adalah dari karakter siswa yang berbeda-beda dan sarana yang kurang memadahi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. WILDAN 3211113116 KHOIRUL UMAM |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 03:03 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3224 |
Actions (login required)
View Item |