EVIE ALFIANI, 12205173280 (2023) STRATEGI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JENIS BENDA KONKRET PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Jenis Benda Konkret pada Mata Pelajaran Matematika di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Evie Alfiani, NIM. 12205173280, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata Kunci : Strategi Guru, Media Pembelajaran Jenis Benda Konkret Penelitian ini dilatar belakangi oleh MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung yang menggunakan media pembelajaran jenis benda konkret berupa stik yang sudah sangat bagus dan efisien untuk membantu pemahaman peserta didik. Hal ini dilakukan untuk mempermudah penyampaian guru dan pemahaman peserta didik serta memberikan motivasi dan respon agar peserta didik tertarik dengan proses pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana strategi guru dalam penggunaan media pembelajaran jenis benda konkret pada aspek afektif mata pelajaran matematika di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung? 2). Bagaimana strategi guru dalam penggunaan media pembelajaran jenis benda konkret pada aspek kognitif mata pelajaran matematika di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung? 3). Bagaimana strategi guru dalam penggunaan media pembelajaran jenis benda konkret pada aspek psikomotorik mata pelajaran matematika di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan (1) kreadibilitas (creadibility), (2) keteralihan (transferability), (3) keterikatan (dependability), (4) kepastian (konfirmability). Hasil penelitiannya: Strategi guru dalam penggunaan media pembelajaran jenis benda konkret pada aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik mata pelajaran matematika di MI Hidayatuth Tholibin Kalidawir Tulungagung yang pertama yaitu dengan menggunakan strategi dimana guru membuat media pembelajaran yang menarik yang dapat direspon peserta didik dengan cepat. Kedua, dengan menggunakan metode ceramah, Tanya jawab dan diskusi yang menekankan pada proses penyampaiannya. Ketiga, dengan penyampaian materi yang tepat, sehingga dapat meningkatkan keterampilan peserta didik, seperti keterampilan mengerjakan soal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173280 Evie Alfiani |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 08:30 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 08:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32246 |
Actions (login required)
View Item |