STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsMA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

MUHAMAD RIZAL BAHTIAR, 12201173448 (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsMA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul ”Strategi Guru dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar”, ini ditulis olehMuhamad Rizal Bahtiar(12201173448) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), IAIN Tulungagung, 2021, Dosen Pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Pembinaan, Akhlakul Karimah, Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh realita yang ada dimana kemunduran akhlak terjadi khususnya pada usia remaja, hal ini bila tidaksegera ditangani akan merusak masa depan anak.Sehubungan dengan hal tersebut, maka pembinaan akhlak terpuji atau akhlakul karimah harus ditanamkan kepada anak sedini mungkin. Proses pembinaan akhlakuk karimah yang baik bisa dilakukan oleh seorang guru kepada siswanya di lingkungan sekolah. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? 2)Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam pembinaan Akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? 3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan guru dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan strategi guru dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru dalam pembinaan Akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. 3)Untuk mengetahui evaluasi yang dilakukan guru dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitianya adalah 1)perencanaan guru dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Bakung menjelaskan tentang hal-hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan pembinaan akhlak kepada siswa. Perencanaan tersebut berupa menentukan arah dan tujuan daripada pembinaan akhlakul karimah bagi siswa, menyiapkan diri sebaik mungkin bagi guru agar bisa menjadi teladan bagi siswa, menentukan metode-metode yang akan digunakan dalam proses pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah siswa, mengamati karakeristik dari masing-masing siswa, menyiapkan fasilitas-fasilitas serta sarana-sarana,menyiapkan program-program yang berkaitan dengan pembinaan akhlakulkarimah siswa, menyiapkan diri siswa secara lahiriah dengan mewajibkan siswa untuk berpakaian yang rapi dan sopan, membuat suasana sebersih mungkin di lingkungan sekolah, serta membuat dan menegakkan tata tertib yang berlaku.Tahap perencanaan ini digunakan sebagai rambu-rambu bagi guru dalam pelaksanaan pembinaan akhlakulkarimah bagi siswa. 2) Proses pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Bakung adalah serangkaian proses guru dalam membina akhlak siswa. Proses pelaksanaan ini meenggunakan beberapa metode yang pada intinya adalah dengan memakaimetodepembiasaan berperilaku akhlakul karimah bagi siswa, melakukan pendekatan dengan nasihat dan pemberian hukuman bagi siswa yang bertindak di luar aturan sekolah, dengan menggunakan metode-metode ini guru dapat mencetak siswa-siswa yang jujur,sopan-santun, tawadhu, bisa memelihara amanah, pemaaf dan penyabar. 3)Evaluasi guru dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di MTs Ma’arif Bakung ini diantaranya adalah masih adanya hambatan-hambatan yang datang baik dari internal maupun eksternal, sehingga munculah solusi dari guru guna menyelesaikan hambatan-hambatan agar proses pembinaan akhlakul karimah dapar berjalan dengan lebih baik lagi kedepanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: - 12201173448 Muhamad Rizal Bahtiar
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:37
Last Modified: 18 Jan 2023 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32260

Actions (login required)

View Item View Item