ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN 2 BLITAR

DWI MUJAYANTI, 12204183127 (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan pada Siswa Kelas VII di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Dwi Mujayanti, NIM 12204183127 Jurusan Tadris Matematika (TMT), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Kesalahan, Soal Cerita Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena ketika dalam kegiatan pembelajaran, matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Siswa yang kesulitan akan mengalami kesalahan dalam menyelesaikan persoalan matematika khususnya soal cerita. Proses penyelesaian soal cerita, siswa dituntut untuk lebih kritis. Salah satu materi yang terdapat soal cerita yaitu perbandingan. Kesalahankesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perlu dilakukan analisis dengan tujuan mengetahui apa saja jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Perbandingan berdasarkan prosedur Newman kelas VII MTsN 2 Blitar.(2) penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Perbandingan berdasarkan prosedur Newman kelas VII MTsN 2 Blitar. Penelitian ini merupakan peneitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D MTsN 2 Blitar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes dan wawancara. Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII-D MTsN 2 Blitar dalam menyelesaikan soal cerita materi Perbandingan berdasarkan Prosedur Newman terdiri dari: kesalahan membaca (reading error), kesalahan memahami soal (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan ketrampilan proses (process skills error),dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error). (2) Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII-D MTsN 2 Blitar dalam menyelesaikan soal cerita materi Perbandingan berdasarkan Prosedur Newman yaitu Jenis kesalahan membaca soal (reading error) disebabkan oleh siswa kurang memahami soal. Jenis kesalahan memahami soal (comprehension error) disebabkan oleh siswa yang tidak teliti dan lupa menuliskan apa yang diketahui dan ditanya. Jenis kesalahan transformasi (transformation error) disebabkan oleh siswa yang tidak paham dengan konsep perbandingan. Jenis kesalahan ketrampilan proses (process skills error) disebabkan oleh siswa yang mengalami kesalahan pada tahap sebelumnya dan kurangmya pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam operasi dasar matematika. Jenis kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) disebabkan oleh siswa yang mengalami kesalahan pada tahap sebelumnya dan siswa lupa menuliskan kesimpulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183127 DWI MUJAYANTI
Date Deposited: 20 Jan 2023 04:19
Last Modified: 20 Jan 2023 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32272

Actions (login required)

View Item View Item