IMPLIKASI PENINGGIAN BANGUNAN RUMAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN BERTETANGGA (Studi Kasus di Desa Panggul Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek)

CHANIFUDIN, 12102183135 (2023) IMPLIKASI PENINGGIAN BANGUNAN RUMAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN BERTETANGGA (Studi Kasus di Desa Panggul Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Chanifudin, 12102183135, 2022, Implikasi Peninggian Bangunan Rumah Dalam Perspektif Hukum Islam Terhadap Kehidupan Bertetangga (Studi Kasus di Desa Panggul Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek) Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Tulungagung, Dr. Ahmad Musonnif, M.H.I Kata Kunci: Hak Tetangga, Prinsip Hidup Bertetangga, Hukum Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu wilayah yang letak pemukimannya sangat padat terletak di Desa Panggul Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, jarak rumah warga dengan warga yang lain sangat dekat. Diantara mereka terdapat tetangga yang meninggikan bangunan rumah ditanahnya sendiri tetapi imbasnya atau madhlorotnya tertimpa kepada orang lain. Sehingga hal ini menarik untuk dikaji dan diteliti untuk mengetahui lebih dalam mengenai Implikasi Peninggian Bangunan Rumah Dalam Perspektif Hukum Islam Terhadap Kehidupan Bertetangga Rumusan dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimana model peninggian bangunan rumah sehingga mengganggu tetangga dekat di Desa Panggul Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek?. 2) Bagaimana perspektif hukum islam terhadap peninggian bangunan rumah yang mengakibatkan tetangga dekat terganggu di Desa Panggul Kecamatan Panggul Kabupaten Treanggalek?. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (kualitatif). Sumber data yang dipakai adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data: wawancara dan observasi. Teknik analisis data: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan strategi Triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi tehnik dan waktu. Hasil penelitian: 1) Peninggian Bangunan Rumah dilakukan tanpa memandang keadaan situasi dan kondisi padatnya suatu wilayah, dan tanpa minta izin kepada orang lain yang rumahnya berdekatan dengannya sehingga bangunan rumah ditinggikan menganggu tetangga sebelahnya. Ketika hujan air yang jatuh dari bangunan tersebut mengenai genting rumah orang lain hingga bocor. 2) Hukum Meninggikan Bangunan Rumah tersebut ada yang memperbolehkan (mubah) karena berada ditanahnya sendiri, dan juga ada yang tidak memperbolehkan sebab imbasnya ditanggung oleh orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: S1 12102183135 CHANIFUDIN
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:30
Last Modified: 28 Feb 2024 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32302

Actions (login required)

View Item View Item