MEKANISME SELF REGULATION PADA PARKIR KENDARAAN RODA EMPAT DI JALAN BERDASARKAN TEORI ‘URF (Studi Kasus di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya)

M. MISBAHUL ARIFIN, 12103183128 (2023) MEKANISME SELF REGULATION PADA PARKIR KENDARAAN RODA EMPAT DI JALAN BERDASARKAN TEORI ‘URF (Studi Kasus di Kelurahan Jemur Wonosari Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)

Abstract

Padatnya lingkungan perkotaan menyebabkan penyempitan ruas jalan, ditambah lagi dengan ambisi manusia zaman sekarang yang ingin memiki mobil pribadi, namun tidak adanya tempat parkir(garasi), sehingga menggunakan ruas jalan didepan rumah untuk parkir mobil. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pengendara lain yang hendak melewati jalan tersebut. Fenomena ini peneliti temui di Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme Self Regulation pada larangan parkir kendaraan roda empat di jalan? 2) Bagaimana mekanisme Self Regulation pada larangan parkir kendaraan roda empat di jalan berdasarkan teori "Urf ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan mekanisme Self Regulation pada larangan parkir kendaraan roda empat di jalan. 2) Untuk menganalisis mekanisme self regulation (pengaturan wilayahnya sendiri) pada larangan parkir kendaraan roda empat di jalan berdasarkan teori "Urf. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obersvasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) mekanisme self regulation (pengaturan wilayahnya sendiri) pada larangan parkir kendaraan roda empat di jalan menunjukkan bahwa dengan cara memindahkan mobil-mobil roda empat untuk diparkir dilahan yang kosong milik warga setempat dengan membayar uang parkir yang telah ditentukan. Selain itu, pelaku parkir roda empat disebabkan oleh masyarakat pendatang luar kota yang hendak menjenguk atau mengantarkan putra-putrinya ke rumah kos. 2) mekanisme self regulation (pengaturan wilayahnya sendiri) pada larangan parkir kendaraan roda empat berdasarkan teori „Urf menunjukkan bahwa permasalahan ini jika disandingkan dengan teori urf, yang mana penetapan dari „Urf itu sendiri adalah menggunakan metode Ijtihadyang didasarkan dengan kebiasaan, tradisi, adat setempat. Self regulation(pengaturan wilayahnya sendiri) ini jika sudah menjadi sudah menjadi kebiasaan masyarakat akan dengan sendirinya menjadi kekuatan hukum yang cukup kuat, tanpa melanggar ketentuan-ketentuan syariat. Tujuan adanya self regulation (pengaturan wilayahnya sendiri) ini bertujuan semata-mata untuk kemaslahatan bersama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183128 M. MISBAHUL ARIFIN
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:55
Last Modified: 24 Jan 2023 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32328

Actions (login required)

View Item View Item