KARIMAH, 12210183133 (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI MIA MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (623kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
Abstract
Adanya arus teknologi digitalisasi yang semakin pesat berdampak besar dampak pembelajaran. Kemampuan untuk mengakses, meganalisis, mencipta, dan bertindak menggunakan piranti digital dalam pembelajaran sangatlah penting. Dalam implikasi pembelajaran bahasa Indonesia melalui program literasi digital diharapkan dapat memudahkan dan meningkatkan pendidikan di era digital saat ini dan juga dapat meningkatkan kemampuan untuk menggunakan animasi, gambar, dan bahasa yang diolah melalui ide-ide teknologi dan multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperleh dari dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia kelas XI MIA MAN 1 Blitar, dan Siswa kelas XI MIA MAN 1 Blitar. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, pengecekan keabsahan data menggunakan teknik keajegan pengamat, triagunasi, dan menggunakan bahan referensi, Hasil penelitian implementasi program literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Blitar melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, perencanaan program literasi digital dimulai dengan diadakanya pelatihan guru dan warga sekolah lain terkait penerapan program literasi digital. Dalam perencanaan pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas XI MIA MAN 1 Blitar yakni membuat perengkat pembelajaran, penggunaan strategi, metode dan persiapan RPP, menggunakan UKBM sebagai bahan untuk belajar mandiri siwa dan menggunakan perpustakaan digital. Pelaksanaan implementasi melalui tiga tahap, yakni. Pendahuluan, berupa sapaan pada siswa dan pemberian motivasi. Kegiatan inti, berupa penyampaian materi melalui e-learning, diskusi group melalui e-learning dan tatap muka, serta pemberian tugas melalui e-learning. Penutup, berupa simpulan atas materi yang telah disampaikan dan pemberian apresiasi bagi siswa yang mengikuti pembelajaran hingga akhir baik secara tatap muka dan daring. Evaluasi berupa penilaian pengetahuan yang bisa diambil dari hasil pengerjaan soal melalui e-learning, penilaian sikap yang diambil melalui komunikasi pada saat pembelajaran berlangsung, dan yang terakhir yaitu penilaian keterampilan yang diambil melalui pembuatan produk ataupun penugasan keterampilan berbahasa yang dapat diunggah dimedia sosial dan e-learning. Adapun faktor penghambat dan faktor pendukung program literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai upaya evaluasi tindak lanjut berupa motovasi siswa, Kurangnya motivasi siswa dalam pelaksaan program literasi digital menjadi pengarug besar terhadap suksesnya pelaksanaan program literasi digital terkusus dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183133 KARIMAH |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 01:57 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 01:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32329 |
Actions (login required)
View Item |