KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS XI DI MAN 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022

LAILIN NURUL HIDAYAH, 12201183055 (2023) KOMPETENSI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS XI DI MAN 2 BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Kelas XI di MAN 2 Blitar Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Lailin Nurul Hidayah, NIM. 12201183055, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hasanal Khuluqi, M.Ag Kata Kunci : Kompetensi, Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah Pendidikan merupakan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam berbagai aspek. Sehingga pendidikan dapat dikatakan sebagai unsur penting dalam kehidupan manusia. Karena, pendidikan merupakan bidang luas yang mencakup semua pengalaman dan pemikiran manusia. Pelaksanaan fungsi guru masih terbatas dalam hal kesadaran untuk memberikan pengetahuan kepada siswa. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran maupun dalam penilaian pendidikan yang lebih terbatas pada perolehan pengetahuan. Guru di kelas sekedar mengajarkan tambahan pengetahuan, tidak sampai menciptakan situasi pedagogis yang mendorong nilai-nilai yang melekat pada pembentukan akhlak siswa. Padahal tugas guru tidak sebatas itu saja, tetapi juga harus meningkatkan pendidikan moral yang diterima siswa di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar, serta melakukan re-edukasi terhadap apa yang telah diterima siswa. Realitanya banyak terjadi krisis akhlak pada remaja. Sehingga pembentukan akhlak melalui kompetensi yang dimiliki guru khususnya guru akidah akhlak menjadi sebuah penelitian yang sangat menarik untuk dikaji dan diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu peneliti mengambil topik penelitian seputar kompetensi guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Fokus penelitian dalam penulisan penelitian ini adalah 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa kelas XI di MAN 2 Blitar?. 2) Bagaimana kompetensi profesional guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa kelas XI di MAN 2 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu sumber kata-kata dan tindakan, sumber tertulis, dan dokumentasi. Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Kompetensi kepribadian sangat dominan dalam proses pembentukan akhlakul karimah siswa kelas XI di MAN 2 Blitar, mengingat guru yang memiliki kepribadian baik akan menjadi suri tauladan untuk peserta didiknya. 2) Kompetensi profesionalitas guru memiliki dampak terhadap proses pembentukan akhalkul kariimah siswa. Dimana guru tidak hanya dituntut untuk mampu memaknai pembelajaran, tetapi guru harus dapat menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas peserta didik. 3) Ada empat tahapan yang bisa diterapkan pada pembinaan akhlakul karimah siswa kelas XI MAN 2 Blitar, yakni: Melalui Keteladanan (Uswatun Hasanah), Melalui Pengajaran (Ta’lim), Pembiasaan (Ta’wid), dan Pemberian Hukuman, Apresiasi, dan Motivasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183055 LAILIN NURUL HIDAYAH
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:53
Last Modified: 25 Jan 2023 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32346

Actions (login required)

View Item View Item