PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI MIN 7 TULUNGAGUNG

ANIF ROATUL ABIDAH, 12205183161 (2023) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (885kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Audio Visual terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Anif Roatul Abidah, NIM 12205183161, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci : Media Audio Visual, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran bahasa Jawa yang masih berpusat pada guru dengan menggunakan media pembelajaran konvensional, dimana proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga kurang adanya keterlibatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa adalah media audio visual. Media audio visual menyajikan audio (suara) dan visual (gambar) yang menyenangkan dan dapat membangkitkan rasa keingintahuan, antusias, dan ketertarikan terhadap materi pembelajaran, sehingga siswa memiliki minat terhadap suatu mata pelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh media audio visual terhadap minat belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung? 2) Adakah pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung? 3) Adakah pengaruh media audio visual terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1) Pengaruh media audio visual terhadap minat belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung. 2) Pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung. 3) Pengaruh media audio visual terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dan desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan tipe purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan kelas V-C MIN 7 Tulungagung. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes, serta dokumentasi dan dianalisis menggunakan uji t-test, pairred t-test, dan uji MANOVA dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh media audio visual terhadap minat belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 10,535 > 1,674, maka H0 ditolak dan Ha diterima 2) Terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu 9,950 > 1,674, maka H0 ditolak dan Ha diterima 3) Terdapat pengaruh media audio visual terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran bahasa Jawa di MIN 7 Tulungagung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183161 ANIF ROATUL ABIDAH
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:11
Last Modified: 27 Jan 2023 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32419

Actions (login required)

View Item View Item