ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA PEMBEDA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN 2 NGADILUWIH TAHUN AJARAN 2020/2021

NAILY SHIFA MARDIANA, 12210173060 (2023) ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA PEMBEDA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN 2 NGADILUWIH TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPN 2 Ngadiluwih Tahun Ajaran 2020/2021”. Ditulis oleh Naily Shifa Mardiana, NIM 12210173060, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN), Pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Tingkat Kesukaran, Daya pembeda, Bahasa Indonesia. Proses dalam pendidikan mencakup tiga dimensi yakni individu, masyarakat atau komunitas nasional dari setiap individu, dan seluruh kandungan realitas, baik material maupun spiritual yang memainkan berbagai peran. Salah satu hal yang perlu dipelajari dalam dunia pendidikan yaitu kegiatan evaluasi. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan pembelajaran. Hasil dari evaluasi akan dijadikan umpan balik bagi tenaga pendidik dalam memperbaiki dan menyempurnakan kegiatan pembelajaran. Evaluasi akan mencakup dua kegiatan yang dikemukakan yakni mengenai pengukuran dan penilaian. Karenanya dilakukanlah pengukuran, dan wujud dari pengukuran berupa pengujian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesukaran dan daya pembeda soal Penilaian Akhir Semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia SMPN 2 Ngadiluwih tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini meliputi sampel dari 10 kelas siswa kelas VIII SMPN 2 Ngadiluwih yang berjumlah 52 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah teknik dokumentasi yang terdapat dalam lembar soal, lembar jawaban siswa, kunci jawaban, beserta nama siswa. Hasil penelitian dan pembahasan analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Tingkat kesukaran pada soal pilihan ganda penilaian akhir semester genap terdapat 10 soal pilihan ganda dengan tingkat kesukaran mudah (40%), tingkat kesukaran sedang (40%), dan kategori sukar (20%). Sedangkan tingkat kesukaran soal benar salah adalah kategori mudah (40%), kategori soal sedang (70%), dan kategori soal sukar (10%). Dan dalam soal menjodohkan terdapat 10 soal, termasuk kategori mudah (20%), kategori sedang (70%), dan kategori sukar (10%). Soal yang memiliki kategori sedang dan mudah perlu dilakukan revisi untuk kemudian diujikan kembali pada tes selanjutnya. (2) Daya pembeda pada soal pilihan ganda penilaian akhir semester genap terdapat 10 butir soal dan diketahui terdapat 3 butir soal (30%) dengan kriteria jelek sekali 2 butir soal (20%) dalam kategori jelek, 2 butir soal (20%) dalam kategori cukup, 1 butir soal (10%) dalam kategori baik, dan 2 butir soal (20%) dalam kategori baik sekali. Butir soal yang memiliki kategori jelek dan jelek sekali sebaiknya diganti dengan soal yang baru yang lebih baik dan tidak perlu diujikan kembali. Sedang butir soal dalam kategori cukup hendaknya dilakukan perbaikan dan soal dalam kategori baik dan baik sekali sudah dapat diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210173060 Naily Shifa Mardiana
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:32
Last Modified: 27 Jan 2023 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32444

Actions (login required)

View Item View Item