PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs NEGERI 8 BLITAR

ERIK MILASARI, 122011833336 (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs NEGERI 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (678kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
Bab II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstract

ABSTRAK Erik Milasari, 12201183336, Penggunaan Media Pembelajarn untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Negeri 8 Blitar, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : DR. Khoirul Anam M.Pd.I., Kata Kunci : Media Pembelajaran, Minat Belajar, Mata Pelajaran Fikih Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Blitar dengan dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan sebuah media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa. Apalagi untuk mata pelajaran fikih, karena fikih itu mencangkup kegiatan ibadah kita sehari-sehari. Dan juga dengan penggunaan media selama proses pembelajaran, dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan, dan juga siswa lebih antusias dan semangat untuk belajar dari pada guru hanya menyampaikan materi dengan ceramah saja, karena siswa merasakan hal yang baru saat menggunakan media pembelajaran sehingga membuat mereka terarik untuk menyimak materi yang disampaikan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penggunaan media audio untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 8 Blitar ? 2. Bagaimana penggunaan media visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 8 Blitar ? 3. Bagaimana penggunaan media audio-visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 8 Blitar ?. Tujuan dari penelitian ini adalah:1. Untuk mendeskripsikan penggunaan media audio untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 8 Blitar. 2. Untuk mendeskripsikan penggunaan media visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 8 Blitar. 3. Untuk mendeskripsikan penggunaan media audio-visual untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs 8 Blitar. Adapun jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Kehadiran peneliti dari tanggal 04 April 2022 sampai 16 juni 2022. Lokasi penelitian di MTs Negeri 8 Blitar. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran yang digunakan oleh guru fikih diantaranya: (a) media audio dengan menggunakan pengeras suara yang disambungkan dengan telepon genggam atau laptop dan biasanya cocok untuk materi tekait bacaan-bacaan sholat dan sejenisnya. (b) medis visual berupa papan tulis, peta konsep, kertas kuis, boneka. dan jika menggunakan media ini ada banyak materi yang bisa disesuaikan contohnya materi bersuci bisa menggunakan pete konsep. (c) media audio visual berupa LCD Proyektor dengan menampilkan sebuah video, dan biasanya cocok untuk materi terkait perawatan jenazah. (2) Tahapan-tahapan dalam penggunaan media pembelajaran diantaranya : (a) persiapan, meliputi menyesuaikan materi dengan media yang cocok serta merancang RPP, setelah itu membuat media yang diinginkan. (b) pelaksanaan, meliputi menyiapkan media yang sudah dibuat, menyiapkan kondisi kelas dan siswa, setelah itu barulah materi bisa disampaikan.(c) evaluasi, guru fikih biasanya melakukan keiatan refleksi. (3) kendala yang dihadapi adalah masih kurangnya ketersediaan media pembelajaran, karena madrasah masih dalam penyempurnaan fasilitas media pembelajaran. Oleh karena itu uru fikih lebih sering menggunakan media visual karena mudah untuk didapatkan, mudah dibuat, dan juga mudah untuk dipakai. (4) selama pembelajaran menggunakan media minat siswa sangat meningkat, karena siswa sangat tertarik dan semangaat selama proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran, hal tersebut ditandai dengan meningkatnya hasil belajar para siswa pada mata pelajaran fikih

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183336 Erik Milasari
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:38
Last Modified: 30 Jan 2023 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32458

Actions (login required)

View Item View Item