STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MTSN 2 KEDIRI

PRADANA NIKA ADIS PRATAMA, 17201153110 (2023) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MTSN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

SKRIPSI ini berjudul “Strategi Guru Fiqih dalam menumbuhkan religiusitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kitab Kuning di MTsN 2 Kediri” ini ditulis oleh Pradana Nika Adis Pratama, NIM 17201153110, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Bapak Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. NIP. 196005241991031001 Kata Kunci : Strategi, Guru Fiqih, Religiusitas Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena bahwa pada saat ini, ilmu dan teknologi semakin berkembang sejalan perkembangan kehidupan manusia. Kehidupan peserta didik saat ini sering dihadapkan dengan permasalahan yang begitu kompleks. Salah satu permasalahan tersebut diantaranya adalah semakin menurunnya sikap dan perilaku peserta didik dalam praktik kehidupan, baik dirumah, sekolah, maupun dilingkungan sekitarnya lhususnya dalam hal religiusitas. Dalam hal ini penumbuhan religiusitas peserta didik sangat diperlukan dalam membentuk sikap dan perilaku peserta didik sesuai dengan nilai-nilai moral keagamaan yang mana diajarkan melalui pembelajaran kitab kuning. Karena sikap dan perilaku, dan religisiusitas yang baik merupakan aset peserta didik yang berguna untuk dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan agamanya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui pembelajaran kitab kuning pada dimensi Idiologis di MTsN 2 Kediri, (2) mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui pembelajaran kitab kuning pada dimensi ritualistik di MTsN 2 Kediri, (3) mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui pembelajaran kitab kuning pada dimensi Intelektual di MTsN 2 Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, dokumentasi,, dan wawancara. Teknik analisis yang digunaan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi dan memperpanjang pengamatan. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) strategi guru fiqih dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui pembelajaran kitab kuning pada dimensi Idiologis di MTsN 2 Kediri adalah dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan program kegiatan keagamaan yang dinamakan PRORINMADU (Program Rintisan Madrasah Unggulan) yang model pemebelajrannya melalui kitab kuning Mabadi fiqih juz 1 untuk kelas 7. Dalam hal ini berkaitan dengan akidah atau iman , peserta didik di biasakan berdo’a sebelum dan sesudah pemebelajaran dengan do’a yang ada di isi kitab. Dengan metode pembiasaan peserta didik tertanam akan hal peningkatan keimanan (idiologi). (2) Pelaksanaan strategi guru fiqih dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui pembelajaran kitab kuning pada dimensi Ritualistik di MTsN 2 Kediri diantaranya adalah dalam meningkatkan ibadah yang berkiatan dengan rukun Islam. Di mana pada isi kitab kuning Mabadi juz 1 menerangkan macam macam rukun islam yang wajib dilaksanakan bagi seorang muslim. Dengan berbagai tata cara aturan atau disebut rukun sahnya, peserta didik menjadi mengetahui dan dapat melaksanakan badah dengan sebaik dan benar. Maka penerapan dilakukan oleh sekolahan atau madrasah dengan pembiasaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, secara bergantian jadwal kelas sekaligus tatacara wudhu ketika mau melaksanakan sholat sesuai yang di ajarkan oleh bapak ibu guru fiqih pada isi kitab mabadi. (3) strategi guru fiqih dalam meningkatkan religiusitas peserta didik melalui pembelajaran kitab kuning pada dimensi Intelektual di MTsN 2 Kediri dengan cara latihan soal, quiz, dan lain – lain terkait pendalaman materi yang berkaitan dengan ibadah dan penanaman akidah yang kuat sesuai isi kitab mabadi yang jelas sumber dan tingkat keabsahannya (dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya). Guru fiqih yang di bantu para ustadz ustadzah dalam Program rintisan Madrasah Unggulan ikut mensukseskan visi misi yang telah di tetapkan Madrasah yaitu mencetak peserta didik MTsN 2 Kediri yang beriman dan berilmu tinggi, seklaigus beramaliyah yang Ilmiyah (mengamalkan sesuai pengetahuan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153110 Pradana Nika Adis Pratama
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:45
Last Modified: 30 Jan 2023 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32463

Actions (login required)

View Item View Item