MUCHAMAD ALFIN HUSAINI, 17205153164 (2023) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL PESERTA DIDIK DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Peserta Didik di MIN 11 Blitar” ini di tulis oleh Muchamad Alfin Husaini, NIM. 17205153164, pembimbing Dr. H. Kojin, MA. Kata Kunci : Peran Guru, Karakter Peduli Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan awal yang dilakukan di MIN 11 Blitar, diketahui bahwa guru dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekolah bersikap ramah, santun, disiplin, solidaritas dan peduli dterhadap rekan-rekan sejabat. Guru tersebut tidak hanya bersikap baik kepada rekan-rekan sejabat saja, bahkan kepada siswa dan kepada peneliti juga guru selau bersikap terbuka dan peduli. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik di MIN 11 Blitar?, (2) Bagaimana peran guru sebagai teladan dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik di MIN 11 Blitar?, (3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik di MIN 11 Blitar?. Adapaun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik di MIN 11 Blitar, (2) Untuk mendiskripsikan peran guru sebagai teladan dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik di MIN 11 Blitar, (3) Untuk mendiskripsikan peran guru sebagai evaluator dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik di MIN 11 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di MIN 11 Blitar, sumber datanya didapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru sebagai motivator dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik di MIN 11 Blitar adalah guru memberi motivasi siswa agar mau berbagi kepada sesama, guru memberi motivasi siswa agar mau membantu temannya dan guru memberi motivasi agar siswa baik dalam berhubungan dengan temannya, (2) Peran guru sebagai teladan dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik di MIN 11 Blitar adalah guru memberi teladan berupa takziyah terhadap keluarga siswa yang meninggal, guru memberikan teladan berupa memberikan sumbangan terhadap korban bencana alam, guru memberikan teladan berupa infaq pada hari jumat, guru memberi teladan berupa kedisiplinan kepada siswa dan guru memberi teladan dalam hal beribadah, guru memberi teladan berupa menjenguk siswa yang sakit, (3) Peran guru sebagai evaluator dalam membentuk karakter peduli sosial peserta didik di MIN 11 Blitar adalah guru melakukan evaluasi melalui pengamatan langsung dan pengamatan tidak langsung melalui teman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205153164 MUCHAMAD ALFIN HUSAINI |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32469 |
Actions (login required)
View Item |