STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

KURNIA WAHIDAH NURWINDAH, 12201183511 (2023) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung”, ini ditulis oleh Kurnia Wahidah Nurwindah, NIM. 12201183511, yang bimbing oleh Suwanto, M.S.I., NIP. 198512122018011002. Kata Kunci: Strategi, Guru Tahfidz, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena banyaknya progam tahfidz yang dibentuk dalam lembaga pendidikan formal sebagai upaya peningkatan mutu dari suatu lembaga pendidikan. Melihat hal tersebut, tentu keberhasilan dari hafalan Al-Qur'an ini salah satunya ditentukan oleh strategi guru. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk bisa memilih dan menggunakan strategi yang tepat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung?, 2) Bagaimana proses guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung, 2) Untuk mengetahui apa saja langkah guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung, 3) Untuk mengetahui evaluasi dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi partisipant, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Langkah – langkah dalam analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu: (1) Perencanaan guru dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yaitu dengan mempersiapkan guru tahfidz dan guru pendamping yang membidangi Al-Qur'an dan menyiapkan metode pembelajaran, ayat atau surat yang akan dihafal, target hafalan, dan murojaah sebelum pembelajaran inti. (2) Proses atau pelaksanaan guru dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dimulai pukul 07.30-09.00 WIB secara klasikal, menggunakan metode yanbu’a, takrir, dan muroja’ah. Kegiatan diawali dengan pembukaan, murojaah juz ‘amma atau surah - surah tertentu, setoran hafalan, kemudian dilanjutkan dengan muroja’ah. (3) Evaluasi di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dilakukan setiap hari di akhir pelajaran murajaah ayat yang sudah di hafal kepada ustadzah pembimbing. Untuk evaluasi keseluruhan, dilakukan setiap satu bulan sekali di akhir bulan yang bertujuan agar hafalan tersebut masih dijaga dan tidak lupa untuk memenuhi target setiap bulannya hafal 1 juz.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183511 Kurnia Wahidah N.
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:54
Last Modified: 14 Feb 2023 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32481

Actions (login required)

View Item View Item