IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL(Studi Kasus Di SDN 1 Bago Tulungagung)

BINTI ZAKIATUL MUNADHIROH, 128505203006 (2023) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL(Studi Kasus Di SDN 1 Bago Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (442kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Penanaman Nilai-Nilai Revolusi Mental (Studi Kasus di SDN 1 Bago Tulungagung)” ini ditulis oleh Binti Zakiatul Munadhiroh dengan promotor Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. dan Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd. I. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Revolusi Mental. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengembangkan minat baca siswa pada kelas rendah, perintah untuk berliterasi dalam Q.S. Al-Alaq ayat 1-5, dan juga peraturan pemerintah tahun 2015 mengenai perintah untuk melaksanakan gerakan literasi sekolah pada lembaga-lembaga pendidikan formal maka SDN 1 Bago Tulungagung mengimplementasikan gerakan literasi sekolah. Fokus masalah dalam penulisan tesis ini adalah pendekatan, kegiatan, dan juga evaluasi gerakan literasi sekolah di SDN 1 Bago. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk menemukan dan menganalisis: (1) pendekatan gerakan Literasi Sekolah pada siswa kelas rendah SDN 1 Bago Tulungagung (2) kegiatan gerakan Literasi Sekolah dalam penanaman nilai-nilai revolusi mental pada siswa kelas rendah SDN 1 Bago Tulungagung (3 evaluasi adanya gerakan Literasi Sekolah dalam penanaman nilai-nilai revolusi mental pada siswa kelas rendah SDN 1 Bago Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah kondensasi data, Penyajian data, penarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Adapun hasil penelitian (1) Pendekatan gerakan Literasi Sekolah pada siswa kelas rendah SDN 1 Bago Tulungagung menggunakan pendekatan saintifik. Guru yang mengajar di kelas melakukan kegiatan mengamati, menanya, mencoba, dan menyimpulkan. (2) Kegiatan gerakan Literasi Sekolah dalam penanaman nilai-nilai revolusi mental pada siswa kelas rendah SDN 1 Bago Tulungagung diterapkan dalam beberapa upaya yaitu kunjungan perpustakaan, dinding berbicara, majalah dinding, pojok baca, membaca wajib 15 menit sebelum pembelajaran dimulai untuk menarik perhatian siswa. Strategi dan media yang digunakan dalam pelaksanaan literasi adalah pojok baca yang bukunya dari YLAI dan beberapa dari perpustakaan. Strateginya kurang konsisten, warga sekolah kurang konsisten dalam menerapkan program gerakan literasi yang dijalankan sekolah. Pelaksanaan program gerakan literasi ini sangat disambut baik oleh siswa dan wali murid. (3) Evaluasi adanya gerakan Literasi Sekolah dalam penanaman nilai-nilai revolusi mental pada siswa kelas rendah SDN 1 Bago Tulungagung memiliki faktor pendukung dan penghambat, adanya rapat guru sebulan sekali dan juga pendampingan saat penerapan gerakan literasi sekolah oleh fosda.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pembiasaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203006 Binti Zakiatul Munadhiroh
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:24
Last Modified: 30 Jan 2023 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32492

Actions (login required)

View Item View Item