EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN LUAR KELAS DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP AR-ROUDHOH KABUPATEN PASURUAN

DIAN AYU SEPTIANI, 12210183020 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN LUAR KELAS DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP AR-ROUDHOH KABUPATEN PASURUAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Luar Kelas Dalam Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Ar-Roudhoh Beji Kabupaten Pasuruan” ini di tulis oleh Dian Ayu Septiani, NIM. 12210183020, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata kunci : pembelajaran luar kelas, menulis, teks deskripsi. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif membuat para siswa tidak termotivasi untuk belajar dan mengembangkan kemampuannya. Minat belajar yang dilakukan menjadi sangat rendah dan sulit untuk meningkatkan. Seorang guru harus menggunakan inovasi yang kreatif untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Guru harus kompeten dalam menggunakan metode, teknik, atau media yang dianggap cocok dengan minat bakat serta taraf perkembangan peserta didik. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai efektivitas enggunaan metode pembelajaran luar kelas dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Ar-Roudhoh Beji Kabupaten Pasuruan. Metode pembelajaran luar kelas merupakan metode yang dapat membawa siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana efektivitas penggunaan pembelajaran metode luar kelas dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Ar-roudhoh Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran metode luar kelas dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Ar-roudhoh Pasuruan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimen semu dengan menggunakan eksperimen yang dipilih oleh peneliti adalah eksperimen one group atau eksperimen dengan pre test and post test menggunakan satu kelompok saja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ar-roudhoh kabupaten Pasuruan tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel adalah kelas VII sebagai kelas kontrol dan eksperimen, terdiri 32 siswa. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji homogenitas, uji normalitas, dan uji T-test. Berdasarkan hasil analisis siswa yang dilakukan menggunakan uji t-test pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikan sebesar 0,334 sesuai kriteria dalam penelitian ini jika taraf signifikan < nilai α 0,05 maka h0 diterima dan Ha ditolak yang berarti rata-rata kedua perlakuan mempunyai kesamaan secara signifikan. Homogenitas data dalam penelitian ini dapat dikatakan memiliki kedekatan nilai yang layak dan memenuhi kriteria. Hal tersebut membuktikan bahwa pembelajaran menulis di luar kelas untuk siswa kelas VII SMP Ar- roudhoh Pasuruan signifikan dan berpengaruh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Dian Ayu Septiani
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:20
Last Modified: 31 Jan 2023 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32493

Actions (login required)

View Item View Item