BINTI FUTIHATUN NI'AMAH, 12205183119 (2023) PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 DAN 5 DI MI ABUN NAJA BAKALAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (979kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (70kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendampingan orang tua dan motivasi belajar yang dapat memengaruhi hasil belajar peserta didik. Apabila pendampingan orang tua yang kurang maksimal maka hasil belajar akan terhambat dan kurang maksimal. Begitu pula motivasi belajar, apabila peserta didik kurang termotivasi belajarnya, maka hasil belajar akan kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) adakah pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas 4 dan 5 di MI Abun Naja Bakalan Wonodadi Blitar?, (2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas 4 dan 5 di MI Abun Naja Bakalan Wonodadi Blitar?, (3) seberapa besar pengaruh pendampingan orang tua dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas 4 dan 5 di MI Abun Naja Bakalan Wonodadi Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik, mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik, dan untuk mengetahui besar pengaruh pendampingan orang tua dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas 4 dan 5 di MI Abun Naja Bakalan Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deduktif-induktif dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sampel ditentukan dengan mengacu pendapat Suharsimi Arikunto bahwa apabila sampel kurang dari 100 maka diambil keseluruhan jumlah populasi dan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode angket digunakan untuk memperoleh data pendampingan dan motivasi, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil belajar. Teknik analisi data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar peserta didik ditunjukkan oleh nilai Sig. 0,003 < 0,05 maka Ha diterima, selanjutnya ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik ditunjukkan nilai Sig. sebesar 0,008 < 0,05 maka Ha diterima, besar pengaruh antara pendampingan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik ditunjukkan oleh nilai R Square sebesar 0,548 yang artinya 54,8% sehingga besar pengaruh antara pendampingan orang tua dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas 4 dan 5 di MI Abun Naja Bakalan Wonodadi Blitar sebesar 54,8% sedangkan sisanya 45,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar pendampingan orang tua dan motivasi belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183119 BINTI FUTIHATUN NI'AMAH |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32551 |
Actions (login required)
View Item |