ROCHMAD HARIZQI SEPTIAWAN, 12204183062 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOMETRI KELAS XI SMKN 1 BOYOLANGU TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Blended learning Berbantuan Aplikasi GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Geometri Kelas XI SMKN 1 Boyolangu Tahun Ajaran 2021/2022” ditulis oleh Rochmad Harizqi Septiawan, NIM. 12204183062, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci : Blended learning, GeoGebra, hasil belajar dan motivasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan pembelajaran dalam kelas masih menggunakan metode konvensional, metode konvensional dinilai membuat siswa pasif dan pembelajaran yang cenderung membosankan. Sehingga peneliti menggunakan metode pembelajaran blended learning dengan media pendukung yaitu aplikasi GeoGebra dimana hal tersebut membuat siswa agar lebih tertarik dengan pembelajaran dan memungkinkan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMKN 1 Boyolangu. 2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMKN 1 Boyolangu. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMKN 1 Boyolangu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuntitatif. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMKN 1 Boyolangu. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian adalah purposive sampling dengan kelas XI RPL 1 sebagai kelas kontrol (36 siswa) dan kelas XI RPL 2 sebagai kelas eksperimen (36 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Data penelitian ini diambil dari nilai Post-Test, dan angket motivasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMKN 1 Boyolangu, pada taraf signifikansi sebesar 0,026. 2) Ada pengaruh metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMKN 1 Boyolangu, pada taraf signifikansi sebesar 0,024. 3) Ada pengaruh metode pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMKN 1 Boyolangu, pada taraf signifikansi sebesar 0,042.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183062 Rochmad Harizqi Septiawan |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 06:56 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32586 |
Actions (login required)
View Item |