Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Purwaningsih, Rinda (2014) Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal riendha.pdf

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS), dan Hasil Belajar IPS. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, terbuka dan demokratis. Salah satu diantara masalah besar dalam bidang pendidikan yang banyak diperbincangkan adalah rendahnya mutu pendidikan. Hal ini tercermin dari rendahnya rata-rata prestasi belajar. Pendidikan kurang memberikan kesempatan kepada siswa dalam berbagai mata pelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, objektif, dan logis.Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pengetahuan dan daya ingat serta kurang tertariknya para siswa dalam mempelajari IPS. Hal ini disebabkan metode dalam pembelajaran masih terlalu didominasi oleh guru dan metode yang digunakan kurang bervariasi sehingga menyebabkan hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar seharusnya dalam pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang melibatkan siswa secara aktif, sehingga dapat membawa siswa memahami materi pelajaran khususnya IPS dengan baik. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Dalam pembelajaran IPS ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah model kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) atau berfikir berpasangan berbagi yang merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan merupakan suatu cara efektif untuk membentuk variasi suasana pola diskusi kelas. Dengan asumsi bahwa semua diskusi membutuhkan pengaturan untuk mengendalikan kelas secara keseluruhan dan proses yang digunakan dalam Think Pair and Share dapat memberi siswa lebih banyak waktu berfikir untuk merespon dan saling membantu. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? xviii Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan penerapan model kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 (2) Mendiskripsikan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap, dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai seorang guru. Bagi MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran baik bagi guru maupun bagi lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal nilai rata-rata siswa 51,42 dengan persentase ketuntasan 21,42%, dilanjutkan siklus I yaitu nilai rata-rata siswa hanya 68,57 dengan persentase ketuntasan 64,28% yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 81,78 dengan persentase ketuntasan 85,71% dan berada pada kriteria sangat baik. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam siswa kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 07:32
Last Modified: 04 Dec 2014 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item