PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 1 KOTA BLITAR

MOHAMMAD VEGA SYA'BANA, 12201183398 (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mohammad Vega Sya’bana. NIM. 12201183398. Skripsi. Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Pendidikan Al-Qur’an Hadits berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik. Media pembelajaran bertujuan agar peserta didik dapat lebih memahami dan termotivasi belajar Al-Qur’an Hadits bagi pribadi dan sekitarnya. Mengingat media pembelajaran memberikan kemudahan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar AlQur’an Hadits Peserta Didik Kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar? (2) Untuk mendeskripsikan Langkah Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar? (3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu guru Al-Qur’an Hadits kelas VII, Wakakurikulum, dan Kepala Madrasah MTsN 1 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria kepercayaan (perpanjangan, keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini. Pertama, Perencanaan Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar yaitu MTsN 1 Kota Blitar membuat kebijakan berupa guru Al-Qur’an Hadits harus mengikuti pelatihan tentang penerapan penggunaan media pembelajaran. Guru Al-Qur’an Hadits membuat perangkat pembelajaran yang berupa program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran kemudian Media Pembelajaran yang disesuikan dengan materi pada perangkat pembelajaran. Kedua, yaitu proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Kota Blitar, tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, namun proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits bisa dilakukan diluar kelas melalui kegiatan yang diadakan sekolah. Proses pembelajaran di dalam kelas guru menggunakan media pembelajaran sebagai alat penyampaian materi dengan dikombinasikan dengan berbagai macam metode, seperti metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Guru juga menggunakan sumber belajar yang ada disekolah, selain itu guru juga memanfaatkan sumber belajar melalui internet. Ketiga, yaitu evaluasi formatif yang dilakukan di MTsN 1 Kota Blitar melalui musyawarah dengan dewan guru Al-Qur’an Hadits. Musyawarah merupakan evaluasi antara sekolah dengan guru. Sedangkan evaluasi untuk peserta didik guru melakukannya dengan melihat respon peserta didik dan kesesuian materi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru menggunakan evaluasi sumatif, memberikan tugas, ujian harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183398 MOHAMMAD VEGA SYA'BANA
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:14
Last Modified: 03 Feb 2023 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32609

Actions (login required)

View Item View Item