UJI RESPON PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PRAKTIKUM TERMOKIMIA DI MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

MUKHAMAD SAFIK, 12212183042 (2023) UJI RESPON PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PRAKTIKUM TERMOKIMIA DI MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum merupakan aspek penting dalam konstruksi pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran kimia, namun pembelajaran kimia berbasis praktikum terkadang jarang dilakukan karena keterbatasan sarana dan prasarana yang berupa laboratorium, alat dan bahan kimia. Pada materi termokimia hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi sehingga banyak siswa yang merasa bosan dan jenuh. Dalam mengatasi permasalahan ini, peneliti mencoba untuk menambahkan penggunaan video interaktif pada saat praktikum, video tersebut menunjukkan fenomena termokimia tentang perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan atau sebaliknya, sehingga siswa merasa tertarik dalam kegiatan pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan respon penggunaan video terhadap motivasi belajar siswa pada saat praktikum termokimia, (2) perbedaan respon penggunaan video terhadap hasil belajar siswa pada saat praktikum termokimia. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen, desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-Expremental One-group Pretest-posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Darul Hikmah berjumlah 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran video yang diberikan di dalam lembar kerja siswa, dimana lembar kerja siswa, video, soal pre-test dan post-testnya sudah divalidasi oleh dosen kimia dan guru kimia. Angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data angket motivasi siswa dianalisis mengunakan analisis deskriptif, sedangkan data pre test dan pos test dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada respon yang baik ditunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam penggunaan video interaktif pada saat praktikum. Untuk motivasi belajar diperoleh nilai rata – rata 74, 43 yang masuk dalam kriterian baik. Untuk hasil belajar, ditemukan thitung sebesar 9,225, kemudian dibandingkan dengan ttabel 2,001, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel (9,225>2,001) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan nilai rata – rata pre test dan pos test terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Darul Hikmah Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183042 MUKHAMAD SAFIK
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:19
Last Modified: 03 Feb 2023 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32610

Actions (login required)

View Item View Item