EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KARTU SUSUN HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELAS B DI RA HALIMAH ASSA'DIYAH BUNTARAN

UMI RISATUL FIRDAUS, 12206183053 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KARTU SUSUN HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELAS B DI RA HALIMAH ASSA'DIYAH BUNTARAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Kartu Susun Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran” ini ditulis oleh Umi Risatul Firdaus, NIM 12206183053, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Phil. Syaifudin Zuhri, M. A. Keaksaraan adalah dasar kemampuan anak dalam membaca, menulis dan berhitung. Keaksaraan adalah kemampuan anak dalam mengenal huruf berdasarkan bentuk dan bunyi, merangkai huruf menjadi sebuah kata, dan mampu membaca dan menulis nama sendiri. Anak dengan kemampuan keaksaraan yang baik, memiliki kesiapan menuju jenjang yang lebih tinggi. Sehingga peneliti membantu meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran dengan menggunakan kartu susun huruf. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Apakah kartu susun huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran, 2) Seberapa besar efektivitas kartu susun huruf dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen, dengan dua kelas penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelas B yang berjumlah 60 anak dan mengambil 30 anak sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data diambil kesimpulan bahwa : (1) Terdapat efektivitas terhadap penggunaan kartu susun huruf dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran. Hasil uji N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 66% lebih besar dibanding kelas kontrol sebesar 40,67%. Berdasarkan hasil uji Independent t-test nilai probabilitas menunjukkan 0,008< 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Nilai efektivitas penggunaan kartu susun huruf dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelas B di RA Halimah Assa’diyah Buntaran sebesar 84%. Hasil perhitungan effect size dengan menggunakan rumus cohen menunjukkan bahwa d= 1,05. Berdasarkan tabel Percentile Standing nilai effect size berada pada angka presentase sebesar 84% dengan kategori large (besar).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183053 Umi Risatul Firdaus
Date Deposited: 07 Feb 2023 04:19
Last Modified: 07 Feb 2023 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32663

Actions (login required)

View Item View Item