KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS IX SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

AHMAD RIBATUL FAWAID, 3214113040 (2016) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS IX SMP ISLAM SUNAN GUNUNG JATI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V + Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Siswa kelas IX SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Ahmad Ribatul Fawaid, NIM. 3214113040, pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Koneksi Matematika, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa terkait materi bangun ruang sisi datar yang masih berpikir bahwa bangun ruang merupakan kumpulan bangun-bangun datar yang sifatnya masih terpisah, padahal ilmu matematika merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan satu sama lain, sehingga siswa kesulitan untuk menyelesaikan soal terkait bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar siswa berkemampuan tinggi,(2) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar siswa berkemampuan sedang, serta (3) untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar siswa berkemampuan rendah kelas IX SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes tertulis tersebut diikuti oleh 20 siswa kelas IX C dengan 3 butir soal. Kemudian dipilih 6 siswa menjadi subjek penelitian yang mewakili jenjang kemampuan tinggi, sedang, rendah, selanjutnya observasi dan dokumentasi sebagai data penunjang. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dapat mengkoneksikan gagasan yang ada pada soal, dapat mengkoneksikan antar konsep bangun ruang sisi datar, sekaligus dapat mengkoneksikan kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika.(2) Siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar hanya dapat mengkoneksikan gagasan yang ada pada soal, namun tidak dapat mengkoneksikan antar konsep bangun ruang sisi datar dan tidak dapat mengkoneksikan kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika. (3) Siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruan g sisi datar tidak dapat mengkoneksikan gagasan yang ada pada soal, tidak dapat mengkoneksikan antar konsep bangun ruang sisi datar, dan tidak dapat mengkoneksikan kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113040 AHMAD RIBATUL FAWAID
Date Deposited: 19 Apr 2016 07:24
Last Modified: 19 Apr 2016 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3268

Actions (login required)

View Item View Item