MUHAMAD FAUZAN RIFA’I, 12210173039 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PUZZLE GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 3 SRENGAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas media puzzle gambar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Srengat Tahun Pelajaran 2021/2022.” yang ditulis oleh Muhammad Fauzan Rifa’i, NIM. 12210173039, Progam Studi Tadris Bahasa Indonesua, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Dra. Siti Zumrotul Maulidia. M.Pd.I Kata kunci : efektivitas, media puzzle gambar, menulis teks deskripsi Menulis teks deskripsi merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada jenjang sekolah menangah pertama kelas VII. Pelajaran menulis teks deskripsi terdapat dalam kompetensi inti KD 3.2 dan KD 4.2 yaitu mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, menghitung, menggambar, dan mengarang) dengan kompetensi dasar (KD) 4.2 menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. Dalam kurikulum K13 metode yang ditentukan menggunakan pendekatan saintifik dengan tahapan 5M (mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengasosiasi atau menalar, dan mengkomunikasikan). Akan tetapi, dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah masih ditemukan guru kelas VII menggunakan metode ceramah, hal itu menyebabkan siswa cepat merasa bosan dan kurang antusias mengikuti kegiatan pembelajaran. Akibatnya, nilai pembelajaran menulis teks deskripsi banyak dibawah kkm, oleh karena itu, perlu inovasi dalam kegiatan pembelajaran berupa media puzzle gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan media puzzle gambar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII A SMPN 3 Srengat. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired samples test dan uji N-gain score. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle pada pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII A di SMP Negeri 3 Srengat cukup efektif. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji T yang digunakan dengan model uji paired samples test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle efektif pada pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII A SMPN 3 Srengat dengan demikian, berarti adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest (sebelum adanya penggunaan media puzzle) dan nilai posttes (sesudah adanya penggunaan media puzzle). Selanjutnya pembagian N-gain score pada penelitian ini memiliki rata-rata 0,56 dengan demikian dapat dikategorikan sedang karena 0,3 ≤ (0,56) ≤ 0,7. Untuk penafsiran efektivitas N-gain score menunjukkan rata-rata 56,08, maka dapat dikategorikan cukup efektif penggunaan media puzzle pada pembelajaran menulis teks deskripsi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210173039 MUHAMAD FAUZAN RIFA'I |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 08:00 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 08:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32688 |
Actions (login required)
View Item |