STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTsN 2 NGANJUK

NANDA SULISTYANING TYAS, 12201183452 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTsN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Nganjuk” ini ditulis oleh Nanda Sulistyaning Tyas , NIM 12201183452, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan , UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Guru Al-Qur’an Hadits, Membaca Al-Qur’an Di era globalisasi saat ini, banyak pergeseran nilai dalam kehidupan masyarakat khususnya generasi muda yang kurang mampu dalam hal membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hal tersebut dikarenakan generasi saat ini mengalami krisis pengetahuan agama terutama tentang Al-Qur’an. Selain itu kurangnya kurikulum keagamaan, sedikitnya jam pelajaran khusus untuk mengajarkan materi-materi keagamaan, malu untuk belajar Al-Qur’an, serta minat dan semangat yang masi sangat tipis untuk membaca Al-Qur’an. Dengan hal ini, guru harus banyak menggunakan strategi-strategi untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an, agar siswa dapat belajar efektif, efisien dan mengarah pada tujuan yang diharapkan. Memilih dan mengatur strategi yang tepat dapat memperlancar tercapainya tujuan pembelajaran. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana urutan kegiatan pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an Siswa di MTsN 2 Nganjuk? (2) Bagai mana strategi pemilihan metode pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa di MTsN 2 Nganjuk? (3) Bagaimana strategi pemilihan media pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa di MTsN 2 Nganjuk? (4) Bagaimana strategi pemilihan sumber belajar pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa di MTsN 2 Nganjuk? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data serta verifikasi dan penarikan data. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Urutan kegiatan pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa meliputi kegiatan di dalam dan di luar kelas. Kegiatan di dalam kelas terdiri dari tiga rangkaian kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan penyampaian materi/inti dan kegiatan penutup. Kegiatan di luar kelas, kegiatan bimbingan atau pengajaran khusus bagi siswa yang kualitas membaca Al-Qur’an nya masih belum lancar yang dilasanakan di masjid sekolah setelah semua jam pelajaran selesai. (2) Strategi pemilihan metode pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa meliputi metode drill/latihan, metode iqra, dan tutor sebaya. (3) Strategi pemilihan media pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa meliputi media kartu dan media video youtube. (4) Strategi pemilihan sumber belajar pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an siswa meliputi sumber belajar masjid dan sumber belajar perpustakaan yang di dalamnya terdapat buku-buku paket.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183452 NANDA SULISTYANING TYAS
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:31
Last Modified: 08 Feb 2023 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32711

Actions (login required)

View Item View Item