IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA MENGGUNAKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII MTsN 3 KEDIRI

MEILINA CATUR NINGRUM, 12204173213 (2023) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA MENGGUNAKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) PADA PEMECAHAN MASALAH OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII MTsN 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis(NEA) Pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VII Mtsn 3 Kediri” ini ditulis oleh Meilina Catur Nigrum, NIM 12204173213, dengan dosen pembimbing Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Prosedur Newman, Aljabar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang masih mengalami kesalahan dalam pemecahan masalah matematika khususnya materi operasi hitung bentuk aljabar. Oleh karena itu diperlukan analisis lebih lanjut mengenai penyebab siswa mengalami kesalahan dalam memecahkan masalah matematika. Kemudian hasil analisis tersebut dapat dijadikan bahan acuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan NEA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi operasi hitung bentuk aljabar berdasarkan NEA, (2) Mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi operasi hitung bentuk aljabar berdasarkan NEA, (3) Mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi operasi hitung bentuk aljabar berdasarkan NEA, (4) Mendeskripsikan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika materi operasi hitung bentuk aljabar berdasarkan NEA. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, tes tertulis dan wawancara. Data yang dianalisis adalah data hasil tes dan hasil wawancara. Lokasi penelitian terletak di MTsN 3 Kediri. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-D MTsN 3 Kediri yang berjumlah 18 orang absen genap. Siswa diberikan tes tulis berbentuk soal cerita berjumlah 2 soal untuk menentukan 6 siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil tes di analisis kesalahannya menggunakan indikator kesalahan NEA yang meliputi kesalahan Decoding, Comprehension, Transformation, Process Skill, dan Encoding Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi aljabar berdasrkan prosedur Newman adalah : (a) siswa berkemampuan tinggi mengalami 3 kesalahan yaitu kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan penentuan jawaban akhir (b) siswa berkemampuan sedang mengalami 3 kesalahan yaitu kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penentuan jawaban akhir (c) siswa berkemampuan rendah mengalami 4 kesalahan yaitu kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan penentuan jawaban akhir. Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa yaitu tidak mampu mengubah kalimat matematika ke dalam model matematika, tidak mengetahui rumus, tidak menguasai operasi hitung bentuk aljabar, kurang teliti dalam menyubtitusikan nilai ke dalam rumus.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173213 meilina
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:47
Last Modified: 10 Feb 2023 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32769

Actions (login required)

View Item View Item