KHAMELIANI, 12205183069 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KEDISIPLINAN BELAJARSISWA KELAS 4 PADA MASA COVID-19 DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (967kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan guru menghadapi pembelajaran kombinasi yaitu perubahan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan kedisiplinan belajar siswa menurun terbukti saat masih diterapkannya pembelajaran tatap muka, kedisiplinan siswa masih terpantau baik tetapi ketika memasuki pembelajaran daring siswa mulai sering tidak disiplin seperti telat mengumpulkan tugas, tidak mengerjakan tugas dan kedisiplinan dalam berperilaku. Pembinaan dan pengawasan terkait kedisiplinan siswa sangatlah dibutuhkan guna membangun kedisiplinan siswa. Adapun langkah pembinaan tersebut meliputi tiga hal antara lain perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam membentuk sikap disiplin belajar siswa kelas 4 dalam pembelajaran daring pada masa Covid-19 di MI Royadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan kedisiplinan belajar siswa kelas 4 pada masa pandemi Covid-19 di MI riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam membentuk sikap disiplin belajar pada masa Covid-19 di MI Royadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil Penelitian meliputi: (1) Perencanaan dalam membangun kedisiplinan belajar siswa ditetapkan menjadi tiga tahap yakni menentukan tujuan yang ingin dicapai, menentukan program pembinaan dan menyusun peraturan yang berkenaan dengan ketertiban. (2) Pelaksanaan strategi guru pada pembelajaran tatap muka meliputi empat metode yakni metode pembiasaan, metode keteladanan, Metode penghargaan dan Metode Hukuman. Sedangkan dalam pembelajaran daring strategi guru meliputi koordinasi sesama guru, pengawasan terhadap kedisiplinan dan memberikan nasehat selama belajar dirumah melalui perantara orangtua wali. (3) Evaluasi yang dilakukan guru kelas yakni berupa penilaian individu baik dari aspek sikap, perilaku, kesopanan dan kedisiplinan yang masing-masing memiliki indikator, dengan penilaiannya diberitahukan kepada siswa lewat buku rapor. Sedangkan dalam pembelajaran daring, penilaian evaluasi meliputi capaian belajar siswa antara lain dengan melihat dari ketepatan waktu mengumpulkan tugas dan menilai perilaku saat pembelajaran daring.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183069 KHAMELIANI |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 03:52 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32772 |
Actions (login required)
View Item |