NUR INDAH SARI, 12204183104 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII MTs MAMBA’UL ULUM JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (970kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (388kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Materi Bangun Ruang Kelas Viii Mts Mamba’ul Ulum Jombang” ini ditulis oleh Nur Indah Sari, NIM 12204182104, Dosen Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Permasalahan yang kerap terjadi dalam pembelajaran matematika salah satunya adalah adanya anggapan bahwa mata pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, selain itu kurangnya pemahaman akan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari juga dapat menghambat proses pembelajaran. Sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat mendorong dan meningkatkan rasa kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran probing prompting. Model pembelajaran probing prompting merupakan model pembelajaran yang didalamnya menyajikan sejumlah pertanyaan yang bersifat menuntun dan menggali gagasan siswa, yang kemudian siswa dapat mengaitkan antara pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kepercayaan diri siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. 2) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. 3) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen, dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar kuisioner (angket). Dan Teknik analisis datanya menggunakan uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kepercayaan diri siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. 2) Ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. 3) Ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183104 NUR INDAH SARI |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 02:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 02:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32807 |
Actions (login required)
View Item |