PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII MTs MAMBA’UL ULUM JOMBANG

NUR INDAH SARI, 12204183104 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG KELAS VIII MTs MAMBA’UL ULUM JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (970kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Materi Bangun Ruang Kelas Viii Mts Mamba’ul Ulum Jombang” ini ditulis oleh Nur Indah Sari, NIM 12204182104, Dosen Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Permasalahan yang kerap terjadi dalam pembelajaran matematika salah satunya adalah adanya anggapan bahwa mata pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, selain itu kurangnya pemahaman akan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari juga dapat menghambat proses pembelajaran. Sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat mendorong dan meningkatkan rasa kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran probing prompting. Model pembelajaran probing prompting merupakan model pembelajaran yang didalamnya menyajikan sejumlah pertanyaan yang bersifat menuntun dan menggali gagasan siswa, yang kemudian siswa dapat mengaitkan antara pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kepercayaan diri siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. 2) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. 3) Pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen, dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar kuisioner (angket). Dan Teknik analisis datanya menggunakan uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kepercayaan diri siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. 2) Ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap motivasi belajar siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang. 3) Ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa dalam materi bangun ruang kelas VIII MTs Mamba’ul Ulum Jombang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183104 NUR INDAH SARI
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:42
Last Modified: 13 Feb 2023 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32807

Actions (login required)

View Item View Item