PENGARUH PENGGUNAAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs SUNAN KALIJOGO

SEPTIANINGTIAS INDRIYANTI PUTRI MANGGARA WATI, 12201183372 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs SUNAN KALIJOGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (743kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Penggunaan Power Point Terhadap Hasil Belajar Pesreta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Mojo” ini ditulis oleh Septianingtias Indriyanti Putri Manggara Wati, NIM. 12201183372, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN SATU Tulungagung, pembimbing Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata kunci: Pengaruh Penggunaan Power Point, Pembelajaran Fiqih, Peserta Didik kelas VIII Dalam kegiatan belajar mengajar, bahan – bahan dapat disampaikan melalui media perantara. Penggunaan media Power Point dalam pembelajaran memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan tentunya menyenangkan. Penggunaan Power Point bertujuan membantu pendidik agar proses mengajar lebih efektif dan efisien. MTs Sunan Kalijogo Mojo merupakan sekolah yang kebanyakan pendidik masih menggunakan metode ceramah sehingga kegiatan belajar mengajar peserta didik sedikit ada kendala antara lain: peserta didik cepat mengantuk, pembelajaran menjadi membosankan, dan peserta didik belum tentu memahami materi pelajaran yang diajarkan. Karena inilah penulis melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Power Point Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Mojo. Rumusan penelitian ini meliputi: (1) Adakah pengaruh penggunaan power point terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Mojo? (2) Adakah pengaruh penggunaan power point terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Mojo? (3) Adakah pengaruh penggunaan power point terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Mojo? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan power point terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Mojo, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan power point terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Mojo, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan power point terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Mojo. Dalam skripsi ini penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar belakang MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas VIII. Peneliti mengambil sampel dua kelas yaitu Kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Sampel yang digunakan peneliti adalah Probabillity Sampling tipe stratified random sampling (sampling acak berstrata). Metode pengumpulan daya yang digunakan adalah Dokumentasi, Tes (Pretest dan Posttest) dan Observasi. Hasil penelitian ini yang telah dilakukan adalah (1) Ada pengaruh penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo, (2) Ada pengaruh penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar afektif peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo, (3) Ada pengaruh penggunaan media Power Point terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183372 SEPTIANINGTIAS INDRIYANTI PUTRI MANGGARA WATI
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:03
Last Modified: 27 Feb 2023 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32830

Actions (login required)

View Item View Item