PROFIL MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA (BIOLOGI) MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG DALAM PEMBELAJARAN DARING

TIA AMBAR WATI, 12208183023 (2023) PROFIL MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA (BIOLOGI) MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG DALAM PEMBELAJARAN DARING. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Profil Minat dan Hasil Belajar IPA (Biologi) Materi Sistem Pernapasan Manusia Siswa Kelas VIII MTsN Tulungagung Dalam Pembelajaran Daring” ini ditulis oleh Tia Ambar Wati, NIM.12208183023, pembimbing Dr. Eni Setyowati,S.Pd, M.M. Kata Kunci : Minat , Hasil Belajar, Pembelajaran Daring,IPA Penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya virus Covid-19 sehingga membuat pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran secara daring sehingga membuat adanya perubahan terdapat pola belajar siswa. Perubahan pola belajar secara daring ini tentunya dapat berpengaruh dalam minat belajar siswa dan minat belajar ini juga akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan 1). untuk mendiskripsikan proses perencanaan, penerapan, penilaian serta faktor yang mempengaruhi dalam proses pembelajaran biologi yang dilakukan secara daring di MTsN 2 Tulungagung,2). untuk mendiskripsikan minat siswa MTsN 2 Tulungagung dalam penerapan pembelajaran secara daring, 3). untuk mendiskripsikan hasil belajar IPA (Biologi ) siswa MTsN 2 Tulungagung dalam penerapan pembelajaran secara daring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif di MTsN 2 Tulungagung. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-C. Berdasarkan subjek penelitian tersebut diambil 6 siswa dari satu kelas yaitu 2 siswa yang memiliki minat tinggi, 2 siswa yang memiliki minat sedang dan 2 siswa yang memiliki minat rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1). Perencanaan dalam pembelajaran daring di MTsN 2 Tulungagung ini dibuat sangat rinci seperti pembuatan RPP, pemilihan media yang digunakan, dalam pelaksanaannya menggunakan Whatsapp grup, dan proses penilaiannya menggunakan pengumpulan tugas dan juga ketepatan siswa dalam mengumpulkan tugas dan juga absen, sedangkan faktor yang menghambat dalam pembalajaran daring ini seperti terkendalanya sinyal, kuota, dan faktor yang mendukung ini seperti adanya bantuan kuota, adanya respon yang baik dari guru, dan siswa bisa mengakses referensi dari berbagai sumber, 2). Minat belajar siswa secara daring di MTsN 2 Tulungagung ini kebanyakan dalam kategori kurang minat atau sedang dalam belajar secara daring karena berbagai faktor yang terjadi dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi belajarnya, 3). Hasil belajar siswa IPA (Biologi) kelas VIII materi sistem pernapasan manusia dalam pembelajaran daring di MTsN 2 Tulungagung ini juga masih dalam kategori bagus yaitu rata-rata 80 meskipun juga masih ada yang dibawah KKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: TIA AMBAR WATI
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:22
Last Modified: 17 Feb 2023 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32876

Actions (login required)

View Item View Item