STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS XI DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR

CANTIKA MU'MILA MUTHMAINNAH, 12201183163 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS XI DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Jarak Jauh Kelas XI di MA Ma‟arif Ponggok Blitar” ditulis oleh Cantika Mu‟mila Muthmainnah, NIM 12201183163, pembimbing oleh Bapak Hasanal Khuluqi, S.Ud., M.Ag. Kata Kunci: Strategi guru, motivasi belajar, pembelajaran jarak jauh Motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi cenderung berkurang. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran jarak jauh sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. Proses pembelajaran yang hanya dilakukan dalam rumah tentu membuat jenuh dan kurang bergairah. Sedangkan ruh manusia beragama terletak pada akhlaknya, dimana akan sulit dipahami jika pembelajaran disampaikan secara jarak jauh. Maka dari itu guru perlu memiliki strategi dalam pembelajaran jarak jauh yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik selama pandemi. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik pada pembelajaran jarak jauh kelas XI di MA Ma‟arif Ponggok Blitar? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam menigkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik pada pembelajaran jarak jauh kelas XI di MA Ma‟arif Ponggok Blitar? (3) Bagaimana hambatan guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran jarak jauh kelas XI di MA Ma‟arif Ponggok Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik pada pembelajaran jarak jauh kelas XI di MA Ma‟arif Ponggok Blitar yaitu guru memberikan contoh sikap, perkataan, maupun perbuatan yang baik kepada peserta didik. Peserta didik memiliki kesadaran dan keinginan belajar pada pembelajaran jarak jauh. Adanya dorongan dan keinginan dari dalam peserta didik bisa memudahkan mereka untuk memahami materi. Peserta didik belajar, mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan tanpa adanya paksaan. (2) Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik pada pembelajaran jarak jauh yakni dengan cara guru memberikan dorongan semangat belajar. Pemberian motivasi pada peserta didik dapat meningkatkan semangatnya dalam pembelajaran jarak jauh. guru memberikan arahan dan bimbingan pada peserta didik untuk mengerjakan tugas dan mengumpulkannya. Guru menjalin komunikasi dengan orang tua untuk mengawasi belajar peserta didik saat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di rumah. (3) Hambatan guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran jarak jauhdengan ditemukannya permasalahan susahnya koneksi jaringan sinyal, paket data yang cepat habis, tugas yang dinilai terlalu berat, metode pembelajaran yang membosankan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183163 CANTIKA MU‟MILA MUTHMAINNAH
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:38
Last Modified: 20 Feb 2023 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32877

Actions (login required)

View Item View Item