PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMPN 5 TULUNGAGUNG

ALFIA UMMI FADILLAH, 12204183025 (2023) PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI SMPN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Aritmatika Sosial di SMPN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Alfia Ummi Fadillah, NIM 12204183025, Prodi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh dosen Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: PBL (Problem Based Learning), Kemampuan Komunikasi Matematis, Hasil Belajar Keberhasilan belajar dapat tercapai dengan baik apabila guru mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Salah satu alternatif yang dapat membantu yaitu menggunakan model pembelajaran yang inovatif, yaitu model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Dimana, model ini melibatkan siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam dunia nyata (kegiatan sehari-hari) dan siswa dituntut untuk berperan aktif dan mandiri dalam menggali informasi serta pemahaman mereka melalui diskusi ataupun belajar secara individu. Sehingga, hal tersebut mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh secara simultan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Tulungagung. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas yaitu siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial di SMPN 5 Tulungagung dengan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183025 ALFIA UMMI FADILLAH
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:58
Last Modified: 20 Feb 2023 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32910

Actions (login required)

View Item View Item