PENGARUH PEMISAHAN KELAS ANTARA SISWA PUTRA DAN PUTRI TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK DAN MOTIVASI BELAJAR DI MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG DAN MA TERPADU AL-ANWAR DURENAN TRENGGALEK (STUDY OF EXPLANATORY-MIXED METHOD)

SALMA INAYATI, 12506194059 (2023) PENGARUH PEMISAHAN KELAS ANTARA SISWA PUTRA DAN PUTRI TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK DAN MOTIVASI BELAJAR DI MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG DAN MA TERPADU AL-ANWAR DURENAN TRENGGALEK (STUDY OF EXPLANATORY-MIXED METHOD). [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Pemisahan Kelas antara Siswa Putra dan Putri Terhadap Pembinaan Akhlak dan Motivasi Belajar di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek (Study of Explanatory-Mixed Method)” ini ditulis oleh Salma Inayati, dengan pembimbing Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : pemisahan kelas, pembinaan akhlak, motivasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya kebijakan penerapan pemisahan kelas antara siswa putra dan putri, apakah dengan adanya penerapan pemisahan kelas antara siswa putra dan putri tersebut dapat mempengaruhi tingkah laku siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pemisahan kelas antara siswa putra dan putri dengan pembinaan akhlak dan motivasi belajar di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: (1) Adakah pengaruh pemisahan kelas antara siswa putra dan putri terhadap pembinaan akhlak di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek? (2) Adakah pengaruh pemisahan kelas antara siswa putra dan putri terhadap motivasi belajar di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek? (3) Adakah pengaruh pemisahan kelas antara siswa putra dan putri terhadap pembinaan akhlak dan motivasi belajar di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek? (4) Bagaimana penerapan pemisahan kelas antara siswa putra dan putri terhadap pembinaan akhlak dan motivasi belajar di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek? (5) Bagaimana implikasi pemisahan kelas antara siswa putra dan putri terhadap pembinaan akhlak dan motivasi belajar di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek? Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam tesis ini adalah mixed methods explanatory sequential, yaitu penelitian gabungan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap penelitian yang diawali dari penelitian kuantitatif, kemudian diperdalam dengan penelitian kualitatif. Pada tahap terakhir, temuan dari dua penelitian akan digabungkan untuk dianalisis secara simultan, diinterpretasi dan dilakukan pembahasan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pemisahan kelas antara siswa putra dan putri terhadap pembinaan akhlak yang ditunjukkan dari nilai Sig. 0,000<0,05. R Squared sebesar 0,191 atau 19,1 %. Hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemisahan kelas siswa putra dan putri terhadap pembinaan akhlak siswa di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu AlAnwar Durenan Trenggalek sebesar 19,1%. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pemisahan kelas antara siswa putra dan putri terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan dari nilai Sig. 0,000<0,05. R Squared sebesar 0,188 atau 18,8 %. Hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemisahan kelas siswa putra dan putri terhadap motivasi belajar di MA Darul Hikmah Tulungagung dan MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek sebesar 18,8%. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pemisahan kelas antara siswa putra dan putri terhadap pembinaan akhlak dan motivasi belajar, yang ditunjukkan dari hasil analisis uji Manova diperoleh Sig. Pada Hotelling Trace sebesar 0.000. Sig. > 0.05 dan Roy’s Largest Root sebesar 0.000. Sig. < 0.05, maka analisis

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Kebudayaan Islam
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.AP 199212082019032026 Laila Rifa'atul Azizah
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:52
Last Modified: 20 Feb 2023 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/32939

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item